Tol Cisumdawu Masih Gratis Selama 3 Minggu, Segini Kisaran Tarifnya!

Gerbang Tol Sumedang / Foto: Istimewa


Sumedang, Beritainspiratif.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Selasa (11/07/2023). Peresmian dilakukan di terowongan kembar (twin tunnel), tepatnya di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali,” ucap Presiden.

Kepala Negara berharap, kehadiran jalan tol ini akan mempermudah dan memperlancar konektivitas menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati.

“Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati,” ujarnya.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung ke Bandara Kertajati, Cileunyi - Cipali 40 Menit

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu ini memiliki panjang 61,6 KM terdiri dari:

-Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km) beroperasi sejak Januari 2022.

-Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 Km)

-Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

-Sedangkan yang diresmikan hari ini adalah Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang 29,3 KM.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tol sepanjang 61,6 kilometer ini kini sudah terkoneksi dengan Tol Cipali-Palimanan dan Bandara Kertajati, Majalengka.

"Jadi tol Cisumdawu sudah terkoneksi dengan Cipali dan Kertajati," ujarnya di Cisumdawu Twin Tunnel, Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Sehingga lanjut Basuki, orang Bandung yang ingin ke Cirebon tidak perlu melintasi Tol Cipali. Cukup mengakses Tol Cisumdawu, perjalanan dari ujung gerbang tol Cileunyi dan Cipali di Cirebon hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

"Jadi misalnya pas Nataru, orang Bandung kalau mau ke Cirebon nggak lewat Cipali lagi, udah langsung sini. Ini sekarang cuma 40 menit kalau dari ujung Cileunyi sampai Cipali. Kalau di tol ini kan minimal 80 km/jam," jelas Basuki.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Dapat Memperpanjang Usia

Lebih lanjut dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, rencananya tarif tol Cisumdawu akan digratiskan selama 2-3 minggu, tergantung Standar Pelayanan Minimal (SPM). Basuki menyebut ingin memastikan semua aspek jalan tol diperiksa dengan benar.

"2-3 minggu uji coba gratis, tapi tergantung SPM-nya. Saya minta ini dicek dulu," ujarnya di Cisumdawu Twin Tunnel, Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Adapun tarif per kilometernya adalah Rp 1.275.Basuki menyebut tarif tersebut terhitung murah. Pasalnya konstruksi jalan tol ini didukung dana pemerintah sekitar 50%.

"Jauh lebih murah karena ini 50%, jadi total konstruksinya, karena ada dukungan konstruksi sekitar 50%," ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Endra S Atmawidjadja menjelaskan, tarif yang harus dikeluarkan jika panjang jalan tol 61,6 km masih di kisaran Rp 80 ribu.

"Dengan tarif Rp 1.275 kalau panjangnya 61 km masih di bawah Rp 80 ribu atau sekitar Rp 80 ribu. Harga segitu affordable," ungkapnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

-Kemendikbud Tegaskan Wisuda Sekolah Tak Wajib Bagi TK Hingga SMA

-Sukamiskin Melaju ke Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

-Perjalanan Sukamiskin Jadi Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat 2023

-Desa Kauman KUDUS Study Tiru Keberhasilan SUKAMISKIN BANDUNG

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

 

Berita Terkait