Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung ke Bandara Kertajati, Cileunyi - Cipali 40 Menit

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cisumdawu, Selasa (11/07/2023), di Jabar. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)


Sumedang, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) tepatnya di ruas KM 169, mulut terowongan kembar terpanjang yang dipergunakan untuk tol, berlokasi Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

"Kita berada di terowongan kembar yang panjangnya 472 meter. Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati terowongan kembar macam ini," kata Jokowi saat menyampaikan sambutannya, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Selain memiliki panjang identik 472 km, terowongan kembar itu juga dibangun dengan diameter 14 meter yang menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Baca Juga: KOTA BANDUNG Juara Umum Popda XIII Jabar 2023, Raih 67 Medali Emas

Presiden bersyukur Tol Cisumdawu yang proses pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2011 akhirnya bisa rampung secara penuh sepanjang 61,6 km.

"Artinya, sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya masalah pembebasan lahan/pembebasan tanah," kata Presiden.

Menurut Presiden, Tol Cisumdawu menelan anggaran total sebesar Rp18,3 triliun, yang Rp9,07 triliun di antaranya berasal dari anggaran pemerintah sedangkan sisanya dibiayai melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol (Cisumdawu) jadi, Bandara Kertajati juga jadi, berbarengan, tetapi sekali lagi karena pembebasan lahan, Bandara Kertajati selesai, Tol Cisumdawu belum selesai, sehingga ini ganggu operasional Bandara," katanya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Harga Mulai Rp250 Juta Cicilan Ringan 

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu ini memiliki panjang 61,6 KM terdiri dari:

-Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km) beroperasi sejak Januari 2022.

-Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 Km)

-Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

-Sedangkan yang diresmikan hari ini adalah Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang 29,3 KM.

Saat beroperasi penuh maka Jalan Tol Cisumdawui seluruhnya sepanjang 61,6 km.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Masih Gratis Selama 3 Minggu, Segini Kisaran Tarifnya!

Dikesempatan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tol sepanjang 61,6 kilometer ini kini sudah terkoneksi dengan Tol Cipali-Palimanan dan Bandara Kertajati, Majalengka.

"Jadi tol Cisumdawu sudah terkoneksi dengan Cipali dan Kertajati," ujarnya di Cisumdawu Twin Tunnel, Sumedang, Selasa (11/7/2023) dilansir ANTARA.

Sehingga ujar Basuki, orang Bandung yang ingin ke Cirebon tidak perlu melintasi Tol Cipali. Cukup mengakses Tol Cisumdawu, perjalanan dari ujung gerbang tol Cileunyi dan Cipali di Cirebon hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

"Jadi misalnya pas Nataru, orang Bandung kalau mau ke Cirebon nggak lewat Cipali lagi, udah langsung sini. Ini sekarang cuma 40 menit kalau dari ujung Cileunyi sampai Cipali. Kalau di tol ini kan minimal 80 km/jam," jelas Basuki.

Menurut Basuki, tarif tol yang akan diterapkan di Tol Cisumdawu sebesar Rp1.275 per kilometer. 

“Itu (tarif tol) sudah jauh lebih murah dibandingkan dengan (tarif tol) yang lain karena ada dukungan konstruksi (anggaran pembangunan) dari pemerintah,” ujarnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

-Kemendikbud Tegaskan Wisuda Sekolah Tak Wajib Bagi TK Hingga SMA

-Sukamiskin Melaju ke Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

-Perjalanan Sukamiskin Jadi Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat 2023

-Desa Kauman KUDUS Study Tiru Keberhasilan SUKAMISKIN BANDUNG

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

Berita Terkait