Kampung Tangguh Pasirlayung Kota Bandung Masih Berdiri Kokoh Menebar Kebaikan



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Di masa pandemi Covid-19 Kampung Tangguh Nusantara (KTN) berdiri ditiap Kelurahan Kota Bandung dengan tujuan untuk memfasilitasi secara mandiri pelayanan kesehatan hingga ketahanan pangan warga, tidak terkecuali berdirinya Kampung Tangguh Nusantara yang ada di Kelurahan Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Padasuka Kota Bandung.

Pandemi Covid pun sudah berlalu seiiring Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang secara resmi telah mengumumkan pencabutan status pandemi COVID-19 di Indonesia, pada Rabu (21/06/2023) lalu.

Lalu bagaimanakah keberadaan Kampung Tangguh tersebut, Pasca Pencabutan Status Pandemi?

Dengan berkaca pada banyak Kampung Tangguh yang ada di Kota Bandung, mayoritas Kampung Tangguh tersebut sudah tidak aktif lagi bahkan sudah bubar, seiring telah dicabutnya status pandemi Covid-19.

Baca Juga: CANGGIH! Kota Bandung Bakal Gunakan GIBRIK MINI Untuk Penanganan Sampah

Namun tidak dengan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) yang ada di Kelurahan Pasirlayung Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, sampai saat ini masih berdiri kokoh dan terus gencar melakukan kegiatan sosial dan kebaikan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Kelurahan Pasirlayung Dudi Mohamad saat ditemui Beritainspiratif.com di Sekretariat Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Jl. Padasuka Gang Babakan Cihapit II No. 13.A. - RT 1 RW 8, kel. Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jum’at (23/6/2023).

Dudi menyampaikan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Pasirlayung masih aktif melakukan kegiatan rutin, dan saat ini kami tengah melakukan kegiatan Jum’at Berkah dengan membagikan makanan dus dari rumah ke rumah untuk warga sekitar dari swadaya masyarakat.

Kebetulan kita kerjasama dalam pengembangan ternak bebek maka ada tambahan Jum’at berkah dari Bhabinkamtibmas Pasirlayung Aipda R Ace Sumardi.

Baca Juga: GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

Dalam kegiatan Jum’at Berkah kemarin (23/6/2023) usai shalat Jum’at berkenan hadir Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, sekaligus bertindak sebagai Imam dan Khotib shalat Jum’at di Masjid Al Ikhlas RW 08 Pasirlayung Kec. Cibeunying Kidul Kota Bandung.

Ketua DPRD Kota Bandung didampingi Bhabinkamtibmas Aipda R Ace Sumardi, Babinsa Peltu Haidir, Pembina KTN Pasirlayung Budhi Purwana dan Ketua KTN Pasirlayung Dudi Mohamad, berkenan membagikan dus makanan Jum’at Berkah kepada warga setempat, dengan harapan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat terus berjalan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini senantiasa berjalan dan terus memberikan bermanfaat dan semakin meningkatkan keberkahan buat warga semuanya, serta sukses buat Warga RW 08 Pasirlayung,” ucapnya.

Terkait kegiatan lainnya yang masih berjalan, Dudi mengungkapkan masih banyak yang dilakukan oleh KTN disamping kegiatan internal antara lain mulai dari khitanan massal, vaksinasi, bidang keagamaan dan lainnya.

“Bukan saja KTN yang terlibat, bahkan itu semua kita yang mengadakannya, kita mengerjakan yang tidak dikerjakan oleh pemerintah,” ujarnya.

Kita tidak berfikir mau bubar, kita akan tetap berlanjut sebagai upaya bentuk pengabdian kami kepada masyarakat.

“Jadi masalah kepedulian dan pengabdian masyarakat masih tetap berjalan,” jelasnya.

Saat masih tercatat jumlah pengurus dan anggota KTN sebanyak 35 orang, mulai dari musisi Doel Sumbang (RW 01), pelaku budaya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan semua unsur ada.

Baca Juga: INSPIRATIF! Bhabinkamtibmas yang Sukses, Kurangi 2 Ton Sampah Organik/Hari di Kota Bandung

Di masa PPDB ini, musimnya pendaftaran anak sekolah, kita turut terlibat membantu melalui link yang ada.

“termasuk anggaran, biaya segala macam kita bantu semampunya,” jelasnya.

“Yang jelas apa yang dilakukan kampung tangguh, itulah yang bisa kami berikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan ketika harus apa yang dilakukan kampung tangguh, dan kami membuka pintu selebar-lebarnya,” ujarnya.

Kelurahan Pasirlayung Pertama yang Memiliki 60 Handy Talky

Kampung Tangguh Nusantara yang telah memperoleh penghargaan Juara Favorit Tingkat  Jawa Barat dari Kapolda Jabar ini, juga bekerja sama di bidang keamanan  dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Kita juga, lanjut Dudi  telah melakukan pengadaan pengadaan HT (handy talky) alat komunikasi radio. Dan kita sudah memiliki 60 pesawat HT yang tersebar di 13 RW se Kelurahan Pasirlayung dari swadaya masyarakat.

“60 HT tersebut dipegang oleh 13 RW yang ada di Kelurahan Pasirlayung, 1 RW pegang 5 hingga 6 HT,” ujarnya.

Terkait ide munculnya ide ini, Dudi mengatakan berawal dari  timbulnya masalah kecil dalam komunikasi menggunakan HP yang terkadang di telepon nggak diangkat di WA nggak menjawab, hingga pulsa/kuota tidak ada, sehingga kita berfikir bagaimana cara mempermudahnya yaitu lewat HT.

“Kita pun memiliki RPU yang di pasang di Puncak Bintang (atas) sebagai pemancar. Sehingga komunikasi kegiatan di masing-masing RW tidak lagi kesulitan,” jelasnya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasirlayung Aipda Pol R Ace Sumardi  mengungkapkan adanya HT ini sangat membantu terutama jika ada kejadian, pemantauannya lebih terarah jika ada kejadian di RW 01 hingga RW 13 bisa saling monitor dengan cepat.

Sementara dari sisi lain Babinsa Pasirlayung Peltu Haidir mengungkapkan dengan adanya HT sangat membantu sekali karena ada kecepatan informasi apabila ada kejadian di salah satu RW, bahkan ketika berada di rumah saya bisa monitor langsung. Itu salah satu kelebihan HT tersebut.

“Sangat membantu sekali kecepatan penyelesaian di bidang keamanan bersama Bhabinkamtibmas,” ujar Babinsa Peltu Haidir.

Dudi melanjutkan yang pegang HT itu terdiri dari RW, Linmas, para ketua lembaga (LPM, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas) untuk tingkat Kelurahan, dan untuk tingkat RW yang pegang RT, RW, Seksi Keamanan RW. Masing-masing HT memiliki nama panggilan mulai dari Siera 1 hingga Siera 7

Bhabinkamtibmas menambahkan dengan bantuan alat HT ini gangguan kamtibmas di wilayah kami lebih cepat tertangani.

“Setiap ada permasalahan yang muncul. Terutama informasi di bulan ramadhan cepat tersampaikan,” ujarnya.

Profil KTN Pasirlayung

Kampung Tangguh Nusantara Pasirlayung Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung diluncurkan oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (saat itu, red) pada 3 Agustus 2020, hingga dikunjungi Staf Ahli Presiden dan Mabes Polri.

Memiliki struktur kepengurusan yang lengkap, KTN Diketuai oleh Dudi Mohamad D dengan Pembina KTN Budhi Purwana.

Struktur juga dilengkapi Divisi-divisi terdiri dari Divisi Sosial ekonomi, Kesehatan, Informasi dan Komunikasi, Psikologis, Keamanan, Wisata, Logistik, Pendidikan serta Divisi Tangguh Lingkungan.

Penghargaan

Kegiatan di masing-masing Divisi berjalan dengan sangat baik, hingga memperoleh apresiasi berupa penghargaan dari berbagai pihak antara lain dari Polrestabes Bandung, Mabes Polri, hingga menjadi Juara Favorit Kampung Tangguh Nusantara Tingkat Jawa Barat dari Kapolda Jabar.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-SUKAMISKIN Lolos 3 Besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat

-Pemerintah Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

-TERBARU! Pembuatan SIM Wajib Lampirkan Sertifikat Mengemudi dan BPJS

-GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

Berita Terkait