RW 16 dan RW 11 Sukamiskin Serahkan Bantuan ke Warga Terisolir di Cugenang Cianjur

Jajaran Pengurus DKM Baabussalam, Ketua RW 16 Sukamiskin, Ketua RW 11 Sukamiskin beserta rombongan dari Kota Bandung saat di lokasi terisolir di wilayah Kampung Nagrak Desa Benjot RT 002 RW 04 Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Minggu (27/11/2022).


BERITAINSPIRATIF.COM - Sebagaimana diketahui gempa dengan 5.6 magnitudo telah mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin, 21 November 2022 siang pukul 13.21 WIB.

Berdasarkan update Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyebutkan, berdasarkan data sementara yang dihimpun, terjadi penambahan korban jiwa meninggal dunia hingga 310 orang dan kerusakan infrastruktur lainnya.

"Jumlah korban meninggal 310 orang, yang masih belum ditemukan 24 orang. Kerusakan infrastruktur tidak begitu banyak berubah, tercatat penambahan di 363 sekolah, 144 tempat ibadah," kata Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11). 

Baca Juga: PT Dirgantara Indonesia Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Peristiwa tersebut telah menggugah Pengurus DKM Masjid Baabussalam dan Pengurus RW 16 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung untuk menginisiasi dengan melakukan penghimpunan bantuan dari para donatur di wilayahnya dan sekitarnya.  

Berdasarkan data terakhir yang diterima jumlah bantuan terkumpul dari para donatur tercatat sebesar Rp27.900.000,-

Bantuan tersebut berasal dari Baitul Mal BBB, Warga RW 16 Kelurahan Sukamiskin, Warga RW 11 Cipagalo Kelurahan Sukamiskin (DKM Al Hidayah), Artesis RW 16 Sukamiskin, DKM Baabussalam RW 16 Sukamiskin, Anak-anak TPQ Baabussalam dan dari RT-RT Warga RW 16 Sukamiskin dan donatur lainnya.

Jumlah bantuan uang tunai yang terkumpul tersebut diberikan dalam bentuk  kebutuhan mendesak para korban gempa di Kabupaten Cianjur, yang tinggal di tenda-tenda pengungsian daerah terisolir di Cugenang.

Baca Juga:

-Inilah Daerah yang Dilewati Sesar Cimandiri, Penyebab Gempa di Cianjur

-Gempa Cianjur, Pemerintah Bantu untuk Rumah Rusak Berat Rp50 Juta

-Bukan Sesar Cimandiri, Ahli Unpad Ungkap Penyebab Lain Gempa Cianjur

-WAJIB TAHU! inilah 6 Cara Selamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Bantuan yang diserahkan tersebut dalam bentuk paket berupa 1 Ton beras, obat-obatan, bahan makanan, air mineral, minyak goreng, mie instan, selimut, ikan asin, pakaian layak pakai, baju dewasa laki-perempuan (dalaman) dan anak-anak, boneka, kaos kaki, susu, sajadah, sprei, sarung, mukena, kaos dalam laki/perempuan dan lainnya.     

Sebelumnya tim survey dari DKM Baabussalam dan RW 16 Sukamiskin telah terlebih dahulu hadir di lokasi pengungsian.  

Alit S, Ketua DKM Baabussalam RW 16 Sukamiskin menyampaikan terima kasihnya kepada para donatur.

“Kami mengucapkan terima kasih, Jazakumullaahu khairan katsira, Semoga Allah memberikan pahala yang berlipat, diampuni segala dosa, diberkahi rezekinya, dijauhkan dari balai dunia dan akhirat dan dimudahkan segala urusannya, aamiin,” ungkapnya.

Tonton: Video Penyerahan Bantuan & Situasi Rumah Rumah yang Hancur di Cugenang Cianjur

Penyerahan bantuan dilakukan oleh jajaran Pengurus DKM Baabussalam, Ketua RW 16 Sukamiskin, Ketua RW 11 Sukamiskin beserta rombongan dan jajaran lainnya dari Kota Bandung dengan mendatangi langsung lokasi terisolir di wilayah Kampung Nagrak Desa Benjot RT 002 RW 04 Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur dan diterima langsung oleh Ketua RT Abah Wiro, berlangsung Minggu (27/11/2022) pagi.

Ketua DKM Baabussalam RW 16 Sukamiskin Alit S, setibanya di lokasi penyerahan bantuan menyampaikan bahwa bantuan ini semata-mata sebagai rasa kasih sayang kepada warga disini.

“Mudah-mudahan bantuan yang diserahkan ini bisa bermanfaat, dan bisa meringankan beban warga disini,” ungkap Alit S.

Sementara itu Ketua RT 002/04 Abah Wiro mengungkapkan terima kasihnya atas bantuan yang diterima dari Warga Kelurahan Sukamiskin.

“Mudah-mudahan Allah Swt memberikan kembali kepada orang yang telah memberikan kasih sayang kepada warga disini, semoga kebaikannnya dilipatgandakan oleh Allah Swt,” ujarnya.  

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh H. Endun kemudian Ketua RW 16 Sukamiskin Muslih, Ketua RW 11 Sukamiskin Asep dan diikuti lainnya.

Penyerahan dilakukan di tenda-tenda pengungsian yang berada ditengah sawah  dimana mereka bertempat tinggal. Umumnya mereka masih takut untuk kembali ke rumah masing-masing mengingat gempa susulan masih terus berlangsung, dan adanya rumah-rumah yang rusak berat.

Dalam menyusuri lokasi penampungan warga tersebut, tampak di sepanjang jalan perkampungan rumah-rumah yang rusak parah dan sebagian masih berdiri dengan beberapa keretakan termasuk musholanya.

“Kiri kanan jalan rumah nampak hancur, tapi mushola nampak tetap berdiri kokoh, bukti keajaiban Allah,” ujar salah satu tim rombongan.

Rombongan juga mengungkapkan himbauan kepada warga yang ingin memberikan bantuan silahkan datang langsung ke posko-posko yang dituju, dan saat ini tidak ada lagi pencegatan bantuan di jalan.

“Sebetulnya bukan pencegatan, sebenarnya mereka butuh bantuan,” ujar salah tim rombongan.

Sebelum kembali ke Kota Bandung, tim rombongan juga berkesempatan membantu warga mendirikan tenda yang akan dibangun di tengah pematang sawah.

Sementara itu Lurah Sukamiskin Farida Agustini saat dihubungi, Minggu (27/11/2022) menyampaikan apresiasinya apa yang telah dilakukan pengurus DKM Baabussalam, RW 16 dan RW 11 Sukamiskin beserta jajaran lainnya, yang telah peduli terhadap sesama dengan melakukan penyerahan bantuan kepada warga yang terkena musibah gempa di Kabupaten Cianjur.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, ini adalah bentuk kepedulian dari warga Sukamiskin, mudah-mudahan ini dapat diikuti oleh warga RW lainnya di Sukamiskin,” ungkap Farida.

(Yanis) 

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Beginilah Proses Tilang ETLE dan Cara Bayar Dendanya

-9 Pelaku Usaha Terbaik di Kota Bandung Raih Penghargaan UMKM Award 2022

-Heboh, Bunga Bangkai Tumbuh di Galengan Sawah di Kota Bandung

-Batas Usia Petugas KPPS Pemilu 2024 Maksimum 55 Tahun

Berita Terkait