Warga Cirebon Ubah Air Jadi Bahan Bakar Motor, Dipuji Pangdam Siliwangi

Pangdam III/Siliwangi saat mengunjungi rumah kediaman H. Ariyanto penemu Nikuba di Desa Lemahabang Kabupaten Cirebon (ANTARA/Foto: Riant Subekti)


Cirebon, Beritainspiratif.com - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berkunjung ke kediaman H. Ariyanto Michel di Desa Lemah Abang Kec Lemah Abang Kab. Cirebon, Kamis (5/5/2022).

Begitu istimewanya seorang H. Ariyanto Michel di mata Pangdam III/Siliwangi sehingga Orang nomor satu di Kodam III/Siliwangi ini menyempatkan untuk bersilaturahmi, bertukar fikiran dan saling menyampaikan ide-ide cemerlangnya.

Pangdam III/Siliwangi didampingi Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P.,M.Han,  Asops Kasdam III/Siliwangi, Kapendam III/Siliwangi, Dandim 0614/Kota Cirebon, Dandim 0617/Majalengka dan Kasdim 0620/Kab Cirebon langsung menuju kediaman H. Ariyanto Michael.

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan SE: Inilah Gejala Hepatitis Akut yang Harus Diwaspadai

H. Ariyanto berhasil menciptakan Nikuba. Alat yang bisa mengkonversi air menjadi hidrogen dan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor. 

Inovasi melalui pembuatan alat yang diberi Nikuba ini, yang merupakan singkatan dari Niku Banyu, yang artinya Itu Air

Alat konversi air menjadi bahan bakar kendaraan ini, telah diuji coba untuk kendaraan dinas Babinsa Koramil Sindanglaut.

Tonton : Video Ujicoba Motor Babinsa dengan BBM Air

Baca Juga: Kemenkes: Tidak Ada Kaitan Vaksinasi COVID-19 dengan Hepatitis Akut

Dalam kesempatan tersebut, H. Ariyanto mendemonstrasikan penemuan-penemuan miliknya di depan rombongan Pangdam III/Siliwangi,  diantaranya bahan Pemadam api dan cairan tahan api menggunakan bahan baku kulit singkong, alat pengubah air menjadi bahan bakar, dan masih banyak lagi penemuan-penemuan dari H. Ariyanto Michel yang sudah dipatenkan.

Pangdam III/Siliwangi saat memberikan keterangan di depan awak media menyampaikan bahwa tanggapan dari Kodam III/Siliwangi akan inovasi-inovasi yang diciptakan oleh H. Ariyanto Michel,  yang jelas sangat bagus, Kita juga harus melihat situasi yang ada dengan adanya kebijakan pemerintah kemudian juga adanya pandemi ini menjadi peluang bagi saya untuk membangun potensi- potensi lokal kemudian kita juga memanfaatkan potensi tersebut sebagai proses pembangunan maupun kemajuan teknologi itu sendiri.

Baca Juga: Kabupaten Bandung Launching Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Lanjut kata Pangdam Siliwangi, bagi saya perlu  peningkatan sumber daya manusia yang ada sehingga kita dapat kita jadikan untuk media kita untuk mengajarkan kemasyarakatan di sini di Cirebon ilmunya bisa sampai juga sampai ke mana-mana.

“Kita  apresiasi sebesar-besarnya kalau bicara nilai tentang migas atau bahan bakar ini merupakan  nilai strategis, jadi kita harus mengangkat nilai  utama yang menjadi strategi ini sebagai acuan sebagai sebagai produk terkait pengganti  BBM  ini” ucap Pangdam seperti diungkap di laman resmi Korem 063/SGD.

Terkait BBM yang menggunakan air, Kodam III/Siliwangi sendiri sudah memesan dan sudah ada beberapa kendaraan yang dipasang dan tentunya berusaha untuk lebih luas lagi dengan adanya tipologi-tipologi daerah yang sulit ditangkap dari bbm minyak atau fosil yang diutamakan untuk daerah pegunungan, pesisir dan pantai.

Diakhir keterangannya Pangdam menyampaikan merasa terbantu atas temuan dari H. Ariyanto Michel ini sehingga saya prajurit saya merasa tugasnya akan bisa lebih maksimal dan tidak tergantung dengan bbm-nya untuk bisa mendampingi proses pengembangan masyarakat di bidang pembangunan.

Sebelum meninggalkan kediaman H.Ariyanto Michel, Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan berkenan memberikan tali asih kepada masyarakat Desa Lemahabang Kec.Lemahabang Kab Cirebon sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI dengan masyarakat sekitarnya.

(YI) 

Baca Juga: 

 

Berita Terkait