RSJ Marzoeki Mahdi Ditetapkan sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Abdul Kadir (kiri) Menyerahkan Surat Keputusan RSJMM sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional kepada Direktur Utama RSJMM Fidiansjah (kanan) di Bogor, Selasa (29/03)


BOGOR, BERITAINSPIRATIF.COM - Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor telah resmi ditetapkan sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional. Hal itu tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/741/2022.

Surat Keputusan tersebut secara resmi diserahkan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Abdul Kadir, di hadapan manajemen dan pegawai RSJMM.

“Dengan titelnya yang sekarang, RSJMM harus menjadi pusat rujukan nasional untuk semua penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan. Selain itu, RSJMM juga harus memiliki fasilitas, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang mempunyai kelebihan dari rumah sakit jiwa yang lain,” ujar Abdul Kadir dalam sambutannya di RSJMM, Kota Bogor, Selasa (29/3).

Baca Juga: Daftar Kelurahan Penerima Penghargaan Wajib Pajak Terbaik di Kota Bandung

Lebih lanjut, Dirjen yang juga merupakan guru besar itu menitipkan pesan agar RSJMM mampu memiliki kualitas yang lebih tinggi dari rumah sakit jiwa lain di Indonesia dan dapat menjalankan tugas pengampuan.

“Sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional, RSJMM juga bertanggung jawab untuk menyusun secara nasional tentang roadmap pengembangan pelayanan kesehatan jiwa di seluruh Indonesia. Maka, RSJMM harus mampu mengampu semua rumah sakit jiwa yang ada di Indonesia. Ini tentu tidak gampang,” tambahnya.

Direktur Utama RSJMM, Fidiansjah mengatakan bahwa penetapan RSJMM sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional menjadi pemacu semangat manajemen dan pegawai RSJMM untuk dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Kami telah siap mengemban tugas untuk menjadi pengampu bagi rumah sakit jiwa di Indonesia. Kami juga akan mengembangkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang saat ini masih perlu ditingkatkan. Semoga penyerahan SK ini menjadi semangat bagi kami untuk melanjutkan amanah sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Acara penetapan RSJMM sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional ini juga disertai dengan peresmian gedung baru RSJMM oleh Dirjen Yankes. Gedung yang dinamai Graha Ismaya tersebut akan menjadi tempat pelayanan geriatri terpadu di RSJMM.

(YI) 

Berita Terkait