Tinggalkan Kabel Udara, Pemkot Bandung Siapkan Grounding

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna saat menyusuri ruas Jalan Juanda dan Jalan Riau sambil bersepeda untuk melihat proses grounding kabel bersama sejumlah kepala dinas, Jumat (28/1/2022) / Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mulai menurunkan kabel di udara ke titik pertanahan (bumi). Targetnya, pada tahun 2023 mendatang tidak ada lagi kabel menjuntai di sejumlah kawasan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna saat menyusuri ruas Jalan Juanda dan Jalan Riau untuk melihat proses grounding kabel.

Ia memantau proses tersebut dengan bersepeda bersama sejumlah kepala dinas, Jumat (28/1/2022).

Grounding kabel merupakan proses pembuatan jalur kabel tersendiri yang dipasang pada instalasi rumah menuju titik pertanahan (bumi). 

"Grounding ini tujuannya agar Kota Bandung bisa lebih rapi lagi. Tidak ada kabel-kabel yang menjuntai seperti ini. Semuanya sudah kita instalansi di bawah tanah," ujar Ema.

Baca Juga: Untuk Pemula, Inilah Tips dan Cara Jual NFT di NFT atau Market Lain

Dalam waktu dekat ini, Ema mengatakan, grounding kabel akan dimulai di sepanjang ruas Jalan Juanda. Pemkot Bandung akan membenahi di empat titik instalansi.

"Rencananya ini akan kita selesaikan Jumat pekan depan, 4 Februari. Koordinatornya dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung. Nanti juga kita akan koordinasikan bersama instansi terkait," jelasnya.

Sampai saat ini, persiapan yang telah dilakukan yakni pembuatan manhole atau saluran khusus jalur kabel bawah tanah di ruas Jalan Juanda. 

Setelah ini, Ema menanbahkan, langkah berikutnya adalah perapian kabel di Jalan Riau dan Ahmad Yani.

"Sekarang kita selesaikan dulu yang Jalan Juanda. Setelah itu, kita benahi yang lainnya. Rencananya, tiang-tiang kabel di Jalan Tamblong pun akan kita rapikan, sinergi dengan target 2023," ucap Ema.

Baca Juga: KOMPAK! Kowal dan Polwan Ngamen Bareng di Bunderan HI

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Briliyana menuturkan, target besar ini akan dijabarkan menjadi target-target kecil yang bisa dilakukan dalam jangka pendek.

"Untuk sekarang, hanya kabel fiber optik telekomunikasi yang kita proyeksikan masuk ke manhole. Untuk kabel listrik, kami akan koordinasikan lebih lanjut bersama PLN pada Senin depan," ungkap Yayan.

Hal serupa juga disampaikan Kepala DPU, Didi Ruswandi. Ia menjelaskan, penurunan kabel telekomunikasi telah dikoordinasikan bersama Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel).

"Tentu targetnya semua kabel di 13 ruas jalan Kota Bandung bisa kita grounding ya. Senin depan akan kami koordinasikan dengan PLN. Sebab perlu kita buatkan skema efektif juga tentang pemadaman listrik agar meminimalisasi kerugian yang terjadi," jelas Didi.

(Yanis)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Pemilu 2024 Disepakati Digelar 14 Februari

Isolasi Mandiri Bagi Pasien Omicron, Begini Aturan Kemenkes

Begini Kriteria Penerima Vaksinasi Dosis 3 atau Booster
Kominfo Ingatkan Tidak Bagikan 11 Data Ini ke Medsos

Paket Obat Gratis bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron dari Kemenkes

Apa Itu NFT? Mengapa Nilainya Tinggi, Ini Kata Pakar Unpad!

Berita Terkait