Warga Kota Bandung Bisa Gelar Akad Nikah di Mal Pelayanan Publik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin saat mengatakan fasilitas mpp akan mulai teraktivasi pada April 2022 mendatang di Bandung, Rabu (26/1/2022) / Humas Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Warga Kota Bandung Bisa Gelar Akad Nikah di Mal. Kabar baik untuk warga Bandung yang sebentar lagi akan melepas masa lajangnya. Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Cianjur akan menyediakan fasilitas berupa gerai akad.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin mengatakan, fasilitas ini akan mulai teraktivasi pada April 2022 mendatang.

"Gerai akad ini bentuk kerja sama kami dengan Kementerian Agama (Kemenag). Bagi warga yang sudah mendaftarkan jadwal pernikahannya di Kemenag untuk melakukan proses akad nikah, akan kami siapkan tempatnya di sini," ujar Ronny.

Konsep ruangannya, imbuh Ronny, akan disesuaikan dan dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari awal sampai proses akad selesai.

"SOP akan kami lengkapi bersama Kementerian Agama. Orientasi gerai akad ini memang ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.

Baca Juga: Apa Itu NFT? Mengapa Nilainya Tinggi, Ini Kata Pakar Unpad!

Menurut Ronny, dengan begitu, warga tidak perlu ke KUA atau bingung mencari lokasi akad jika rumahnya tidak memungkinkan untuk menggelar akad.

"Jadi nanti warga tidak perlu bingung mau akad di mana. Kami akan bantu untuk kemas ruangannya dengan suasana yang juga baik," imbuhnya.

Baca Juga: Lembah Tangga 101 Destinasi Wisata Baru di Cisurupan Kota Bandung

Menanggapi ide gerai akad ini, Pelaksana Harian Perwakilan Ombudsman Jawa Barat, Dominikus Dalu mengapresiasi upaya pelayanan publik yang akan digarap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

"Kerinduan masyarakat ingin mendapatkan pelayanan publik yang baik, sekarang sudah difasilitasi dengan adanya MPP . Silakan warga gunakan sebaik mungkin. Kami dari Ombudsman siap menjadi mitra Pemkot Bandung untuk memberikan pelayanan terbaik," tutur Dominikus.

Dominikus juga menyebutkan, tahun lalu Kota Bandung mendapatkan penghargaan sebagai penyedia pelayanan publik terbaik. Ia berharap, dengan adanya MPP ini bisa semakin memudahkan masyarakat yang butuh pelayanan.

"Tahun depan, kami juga akan meningkatkan indikator penilaian pada aspek pelayanan publik secara digital. Semoga dengan adanya MPP dan semua fasilitasnya bisa menjadikan Bandung semakin lebih baik," tuturnya. 

(RV)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Pemilu 2024 Disepakati Digelar 14 Februari

Daftar Terbaru Level PPKM Jawa-Bali Berlaku Hingga 31 Januari

Isolasi Mandiri Bagi Pasien Omicron, Begini Aturan Kemenkes

Begini Kriteria Penerima Vaksinasi Dosis 3 atau Booster
Kominfo Ingatkan Tidak Bagikan 11 Data Ini ke Medsos

Berita Terkait