Youtuber asal Klaten Jateng Mbah Minto Meninggal Dunia, Inilah Sosoknya

Foto: Mbah Minto, Tangkapan layar video youtube Ucup Klaten


BERITAINSPIRATIF.COM - Youtuber asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Mbah Minto Klaten, dikabarkan meninggal dunia, Rabu (22/12/2021) malam.

Kabar duka tersebut pertama terdengar dari unggahan akun Instagram Ucup Klaten, @ucup_jbsklaten, Youtuber yang sering berkolaborasi dengan Mbah Minto

"Sugeng tindak Simbok. Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis Ucup Klaten dalam keterangan unggahan terbarunya, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga: Ridwan Kamil: Prof. Mochtar Kusumaatmadja akan Jadi Nama Jalan di Bandung

Melansir unggahan akun Instagram @agendasolo, Mbah Minto diketahui meninggal dunia pada usianya yang ke-85 tahun.

Selain itu, sebelum mengembuskan nafas terakhir, Mbah Minto juga sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Islam Klaten

Rencananya, jenazah almarhumah yang meninggalkan empat orang anak dan 15 cucu serta empat buyut itu bakal disemayamkan siang nanti, Kamis pukul 14.00 WIB.

Sosok Mbah Minto

Mbah Minto menjadi perhatian publik setelah perannya dalam video parodi gagal mudik pada 2020 lalu. 

Dilansir berbagai sumber, dalam video parodi itu, Mbah Minto memerankan sebagai simbok atau ibu. Sedangkan Ucup berperan sebagai anak. Video yang viral di Youtube dengan durasi 9n menit dan di Instagram dengan durasi kurang dari 1 menit itu merupakan video yang diikutkan dalam lomba imbauan pencegahan Covid-19 yang diadakan Polres Klaten, Video tersebut menggambarkan kisah seorang anak yang sudah menrindukan ibunya dan ingin pulang kampung.

Baca Juga: Pembayaran Retribusi Pasar Tradisional di Kota Bandung Dibuat Sistem non Tunai

Si anak tersebut kemudian menelepon ibunya untuk menceritakan niatnya.

 “Orasah mudik le. Eneng kono sik. Lagi usum virus,” ujar Mbah Minto dalam bahasa Jawa. Arti perkataannya itu, “Jangan mudik, Nak. Di sana saja. Baru musim virus".

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut merespons video viral itu dan berkomunikasi langsung dengan Mbah Minto melalui live Instagram. Saat itu, Ganjar juga memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada Mbah Minto sebesar Rp 1 juta melalui Sofyan.

Baca Juga: Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

Ucup mengatakan, Mbah Minto merupakan tetangganya yang hidup seorang diri. Saat proses pembuatan video, Mbah Minto tidak bisa membaca teks tertulis sehingga hanya mengikuti aba-aba.

“(Simbah) Enggak bisa baca teks. Jadi saya mendikte dan Simbah menirukan saja. Dan Beliau senang,” kata Ucup. Ucup dan Mbah Minto kerap membagikan video-videonya di akun Instagram @ucup_jbsklaten dan channel Youtube Ucup Klaten. 

(RV)

Baca Juga:

6 Kelurahan Raih Penghargaan Lomba BBGRM Tingkat Kota Bandung Tahun 2021

BI-FAST Resmi Diluncurkan, Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya 

Berita Terkait