Ridwan Kamil: Prof. Mochtar Kusumaatmadja akan Jadi Nama Jalan di Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil / Foto: Humas Jabar


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mendukung penuh upaya Universitas Padjadjaran, Pemprov, dan masyarakat Jabar dalam memperjuangkan Prof. Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan nasional.

“Sudah ada 7.000 petisi daring dan 70 surat dukungan masuk ke kami. Ini menandakan bahwa gelar pahlawan bagi Prof. Mochtar harus kita perjuangkan,” ungkapnya pada Seminar Nasional Pengusulan Pahlawan Nasional dari Jawa Barat Prof. Mochtar Kusumaatmadja di Ballroom Hotel Savoy Homan, Bandung, Rabu (22/12/2021).

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menuturkan, Prof. Mochtar merupakan salah satu anak bangsa yang prestasi dan inspirasinya melewati batas wilayah negara. Prof. Mochtar merupakan sosok yang melanjutkan konsep Wawasan Nusantara yang juga digelorakan oleh putra Jabar, yaitu Ir. H. Djuanda.

Baca Juga: Youtuber asal Klaten Jateng Mbah Minto Meninggal Dunia, Inilah Sosoknya

Peran aktif Prof. Mochtar Kusumaatmadja dalam menyampaikan konsep Wawasan Nusantara ke tingkat internasional akhirnya diakui secara global serta menjadi teori dan dipraktikkan menjadi norma hukum internasional.

Karena itu, pihaknya telah menginstruksikan berbagai pihak sejak awal untuk segera memproses mendiang Prof. Mochtar menjadi pahlawan nasional. Ini disebabkan mengingat penganugerahan gelar pahlawan nasional diumumkan setiap setahun kali.

“Kita perjuangkan, mudah-mudahan Pemerintah Pusat melalui Presiden menganugerahi gelar pahlawan bagi Prof. Mochtar di 17 Agustus 2022,” kata Emil.

Baca Juga: Jabar Wisuda 29.500 Perempuan Peserta Sekoper Cinta

Selain itu, Pemprov Jabar juga memberikan apresiasi lain bagi sosok almarhum, yaitu menjadikan nama Prof. Mochtar menjadi salah satu nama jalan di Kota Bandung. Opsi pertama yang dipilih adalah ruas jalan layang Pasteur-Surapati (Pasupati).

“Spirit Pak Mochtar itu adalah menjembatani. Pada saat orang berpikir laut itu memisahkan pulau, Pak Mochtar berpikir sebaliknya. Laut adalah jembatan pulau-pulau di Nusantara,” kata Emil.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menjelaskan, dalam mendukung pengusulan gelar pahlawan, Unpad rutin mengadakan seminar yang berkaitan dengan kiprah Prof. Mochtar Kusumaatmadja sebagai negarawan, diplomat, dan akademisi.

Dari setiap seminar, banyak referensi dan testimoni yang menguatkan bahwa Prof. Mochtar layak diusulkan sebagai pahlawan.

“Kami merasa gembira karena banyak testimoni yang muncul dari acara seminar di Unpad yang semakin membulatkan kesimpulan kami bahwa Prof. Mochtar sangat layak menjadi pahlawan nasional dari Jawa Barat,” kata Rektor.*

(RV)

Baca Juga:

6 Kelurahan Raih Penghargaan Lomba BBGRM Tingkat Kota Bandung Tahun 2021

BI-FAST Resmi Diluncurkan, Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya 

Berita Terkait