Jabar Wisuda 29.500 Perempuan Peserta Sekoper Cinta



KOTA BANDUNG, BERITAINSPIRATIF.COM - Sebanyak 29.500 orang wisudawati Sekoper Cinta dikukuhkan dalam rangkaian peringatan Hari Ibu tingkat Provinsi Jawa Barat ke-93 tahun yang digelar di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Para wisudawati berasal dari 270 desa di kabupaten Sumedang dan 25 desa dari kabupaten/kota lain di Jabar. 

Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menuturkan pengukuhan tersebut menjadi semakin istimewa bagi seluruh perempuan di Jabar, karena bertepatan dengan Hari Ibu. Hal ini membuktikan komitmen Pemda Provinsi Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dalam meningkatkan "softskill" perempuan di Jabar. 

"Kemudian hari ini yang istimewa adalah wisuda Sekoper Cinta. Jawa Barat adalah provinsi yang sangat serius mengedukasi perempuan, apalagi dalam situasi menghadapi pandemi agar lebih tangguh," ucapnya.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Hapus Kemiskinan Ekstrem di 147 Kabupaten/Kota Wilayah Pesisir di Tahun 2022

Menurut Gubernur, masa depan bangsa itu berada di pundak para ibu-ibu. Apabila semua perempuan (ibu-ibu) diberikan perhatian yang khusus, maka akan lahirlah generasi emas yang bisa membawa Indonesia menjadi negara maju. 

"Karena masa depan cerah jika kita fokus pada SDM, kuncinya ada di ibu. Kalau ibu-ibunya cerdas dan tangguh maka turunannya juga akan unggul dan hebat membawa Indonesia maju," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya Ridwan Kamil menyebut momentum Hari Ibu diharapkan bisa menjadi pelecut 29.500 wisudawati. 

"Maka kini hari ibu menjadi momentum bersama untuk mendorong para ibu dan perempuan agar mengambil porsi dan peran yang lebih besar dalam pembangunan bangsa ini dengan menjadi perempuan yang berwawasan, berdaya, terampil, tidak pernah berhenti belajar dan mampu menjadi teladan," ungkapnya. 

"Dari sosok ibu kita belajar tentang cinta sejati, cinta tanpa pamrih, cinta tanpa syarat," imbuh Atalia. 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Prof. Mochtar Kusumaatmadja akan Jadi Nama Jalan di Bandung

Atalia berharap para wisudawati dapat menghadirkan energi positif bagi para ibu-ibu  lainnya di Jabar. Hal itu berdasar dari pembinaan program Sekoper Cinta yang tepat sasaran melalui pelatihan memasak, menjahit hingga kelas kecantikan. 

"Dari energi cinta tersebutlah yang kemudian terus menggerakkan kami semua untuk tidak lelah menghadirkan program kolaboratif berdampak baik bagi masyarakat," ujarnya. 

Pemda Provinsi Jabar melalui Dinas Pendidikan juga berhasil memecahkan rekor MURI Festival Mustikarasa dengan membuat 1.221 olahan resep masakan Indonesia warisan Bung Karno dari Jawa Barat untuk nusantara yang diikuti oleh peserta didik jenjang SD, SMP, SLB, SMA/SMK, dan umum se-Jawa Barat.

Pelaksanaan kegiatan tersebut digelar secara hybrid dan para peserta yang hadir tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, selain itu mereka terlebih dahulu di swab antigen.  

Pada peringatan Hari Ibu tingkat Provinsi Jabar diberikan juga beberapa penghargaan perlombaan di antaranya: 

1.Lomba program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS) yang diinisiasi DP3AKB.

2.Penghargaan best practice Sekoper Cinta

3.Penghargaan peserta terbaik _blended learning_ Sekoper Cinta dan pelatihan vokasional Sekoper Cinta.

4.Penghargaan Posyandu Award diberikan kepada 12 kabupaten/kota terpilih yaitu  kategori kabupaten : Ciamis, Bandung Barat, Cirebon, Sukabumi, Indramayu, Kuningan. Kegori kota : Depok, Bandung, Sukabumi, Cimahi, Cirebon, Bogor.

(Ida)

Baca Juga:

6 Kelurahan Raih Penghargaan Lomba BBGRM Tingkat Kota Bandung Tahun 2021

BI-FAST Resmi Diluncurkan, Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya 

Berita Terkait