H.Sugianto Terpilih Sebagai Ketua PD IPHI Kabupaten Bandung

H.Sugianto yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bandung terpilih menjadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudara Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Bandung Periode 2021-2026, Minggu (19/12/2021) / Foto: PW IPHI Jabar


Kabupaten Bandung, Beritainspiratif.com - H.Sugianto yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bandung terpilih menjadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudara Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Bandung Periode 2021-2026 menggantikan K.H. Chaerul Baridin yang akan segera habis masih baktinya.

Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah III PD IPHI Kabupaten Bandung Tahun 2021, di Aula Gedung Dewi Sartika, Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung, Minggu (19/12/2021) pagi.

Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) Jawa Barat, H. Ijang Faisal yang hadir pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas terpilihnya H. Sugianto dan ia berharap PD IPHI Kabupaten Bandung akan lebih bersinar dengan dipimpin olehnya.

“Saya ucapkan selamat kepada Haji Sugianto dan saya yakin PD IPHI Kabupaten Bandung akan lebih bersinar dengan dipimpin oleh Beliau,” tegas Ijang Faisal usai membuka secara resmi musyawarah yang dihadiri juga oleh Kepala Kementerian Agama Kab. Bandung, H. Asep Ismail, Kasubag Binamental Kesra Kab. Bandung, H. Jajang, Sekretaris MUI Kabupaten Bandung, dan Ketua PD IPHI Kabupaten Bandung, K.H. Chaerul Baridin.

Baca Juga: Ekonom Unpad, Ungkap Keberhasilan Kinerja Legacy Almarhum Mang Oded

Dalam sambutannya, Ketua PW IPHI Jabar, H. Ijang Faisal mengajak seluruh anggota IPHI di Kabupaten Bandung untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dalam menyelaraskan misi IPHI merawat haji mabrur sepanjang hayat dengan program dakwah yang ada di Pemerintah Kabupaten Bandung dan Kemeterian Agama Kabupaten Bandung.

“Jika kita menelaah kembali tentang makna kehadiran IPHI, kita akan melihat betapa pentingnya peran IPHI dalam merawat jamaah pasca haji. Setidaknya ada dua peran penting IPHI,” ujar H. Ijang Faisal.

Pertama, IPHI harus menjadi dinamisator dakwah kebaikan, persaudaraan dan kebarokahan suatu daerah dalam melaksanakan program-programnya.Kedua, IPHI harus selalu berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk dapat mengawal program-program kemasyarakatan yang dicanangkan pemerintah daerah setempatnya. “Semoga dua hal itu terwujud di Kabupaten Bandung,” tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, Ketua PW IPHI Jabar H. Ijang Faisal meminta secara khusus kepada DPRD Kabupaten Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung agar dapat memfasilitasi pembuatan regulasi dalam bentuk peraturan daerah atau peraturan bupati  yang berpihak kepada perbaikan fasilitasi perjalanan calon jemaah haji agar lebih nyaman. Hal itu sebagai pengejewantahan dari Pasal 36 Undang-Undang Haji bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban memberikan payung hukum dalam fasilitasi perjalanan para calon jemaah haji agar dapat lebih konsen beribadah.

Sementara itu, Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna, S.Ip.,M.Si, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubag Binamental, berharap agar IPHI Kabupaten Bandung dapat sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang agamis serta meningkatkan kesejahteraan. Lebih lanjut Bupati pun meminta agar IPHI dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan program BEDAS yang merupakan program unggulan pasangan Bupati Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan. ***

(YI)

Baca Juga:

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Kemenkes Umumkan, Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Hari Pertama Plt Wali Kota Bandung, Yana Ajak OPD Wujudkan Mimpi Almarhum

Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Berita Terkait