Wali Kota Bandung Dimakamkan di Kota Kelahirannya Tasikmalaya

Foto: Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Jenazah Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dimakamkan di tanah kelahirannya, Lengkong, Kota Tasikmalaya, Jumat (10 Desember 2021) malam. Sebelum dibawa ke Tasikmalaya, jenazah Oded disalatkan di Pendopo, Rumah Dinas Wali Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum.

Kepastian jenazah Oded dimakamkan di Tasikmalaya, disampaikan oleh Al Hakimi, menantu keempat Oded.

"Setelah Salat Ashar, almarhum akan diberangkatkan ke Tasikmalaya di daerah Lengkong. Malam ini insya Allah dimakamkan, karena beliau sangat memegang teguh sunah Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam," ungkap Al Hakimi di Pendopo Kota Bandung.

Sementara itu, ratusan orang datang melayat ke Pendopo Kota Bandung. Mereka sudah menunggu kedatang jenazah yang dibawa mobil ambulan dari RS Muhammadiyah.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Meninggal Dunia Saat Akan Jadi Khotib Salat Jum'at

Diantara para pelayat, terlihat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Keduanya ikut melakukan salat jenazah di Pendopo Kota bandung.

"Mudah-mudahan semua urusan hari ini dilancarkan. Almarhum akan dimakamkan di kampung halaman di Tasikmalaya," ucal Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Emil menyatakan, sangat kehilangan sosok Wali Kota Bandung yang akrab disapa Mang Oded. Menurutnya, Mang Oded orang yang baik, saleh dan mulia.

"Atas nama masyarakat Jawa Barat khusus masyarakat Bandung kita kehilangan atas berpulangnya almarhum. Saya bersaksi almarhum adalah orang yang baik, saleh, mulia," ujarnya.

"Saya lima tahun bersama sebagai sahabat menyaksikan kebaikan dan kesalehan almarhum dan sangat kehilangan. Dan saya meyakini Insya Allah khusnul khatimah dan keluarga Umi dan anak-anaknya mudah-mudahan diberikan kesabaran dan kekuatan," imbuhnya.

Baca Juga: Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Emil mendoakan agar almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosa almarhum.

"Saya bersaksi kepada Allah, mudah-mudahan kesaksian kami, doa kami, salat kami mengiringi terangnya kubur beliau," katanya..

"Teriring doa untuk keluarga Umi dan anak-anak semoga diberi kekuatan kesabaran dalam menghadapi ujian kehidupan," tambahnya.

Sementara itu, mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla juga menyampaikan ucapan bela sungkawa atas kepergian politisi PKS tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan di beri ketabahan," katanya.*

Sementara itu ribuan orang mengantar Oded M. Danial ke tempat peristirahatan terakhirnya di Lengkong Tangah, Kota Tasikmalaya, Sabtu (10 Desember 2021) malam. Wali Kota Bandung periode 2018-2023 itu mengakhiri baktinya setelah tiga tahun mengabdi.

Dari Pendopo Kota Bandung, jenazah pria yang senang dipanggil dengan sebutan Mang Oded ini, dilepas pukul 18.30 WIB. Tiba di kota kelahirannya, Kota Tasikmalaya sekitar pukul pukul 22.10 WIB.

Jenazah disemayamkan di Masjid An Nuur, sekitar 100 meter dari pemakaman. Keluarga memberikan kesempatan bagi masyarakat setempat untuk melakukan salat jenazah dan doa bersama.

Selain kerabat dan sanak saudara, warga sekitar juga hadir melayat dan turut memanjatkan doa. Ribuan pelayat dari kampung halaman Mang Oded bergabung dengan pengiring dari Kota Bandung untuk mengantarkan ke tempat peristirahatan terakhir.

Dari masjid, jenazah Mang Oded dibawa menuju pemakaman keluarga. Lantunan doa tak henti bergema di sepanjang perjalanan sampai tiba di tempat pemakaman keluarga sekitar pukul 22.30 WIB.

Pukul 22.55 WIB, proses pemakaman selesai yang ditandai dengan penancapan nisan kayu bertuliskan identitas Mang Oded di atas gundukan tanah yang menutupi liang lahat. Taburan bunga menyusul berjatuhan di pusara yang ditaburkan oleh keluarga, kerabat, dan pelayat lainnya.

Dengan suara terbata-bata, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan penghormatan terakhir di samping pusara kompatriotnya tersebut. Bagi Yana, dalam tiga tahun terakhir bersama, Mang Oded tidak hanya menjadi rekan kerja, namun menjadi sahabat, keluarga, dan bahkan sekaligus gurunya.

"Almarhum sangat meninggalkan ajaran, panutan dan jejak yang baik bagi kita semua," kata Yana.

(RV)

Baca Juga:

Penataan Ulang Kawasan Alun-alun Kota Bandung, Diresmikan Wali Kota

5 Desa di Jabar Raih Anugerah Desa Wisata 2021 dari Kemenparekraf

Mulai 9 Desember, BI Buka Layanan Penukaran Uang Rusak Lewat Aplikasi Pintar

Presiden Minta Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Segera Dimulai

Inmendagri Baru Terbit, Berlaku sampai 13 Desember, Inilah Level PPKM di Jawa Bali

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024