Ridwan Kamil: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung Terbaik

Gubernur Jawa Barat saat sambutan peresmian Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung di Gedong Budaya, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (8/12/2021) / Foto: Humas Pemkab Bandung


KAB BANDUNG, BERITAINSPIRATIF.COM – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menilai mal pelayanan publik Kabupaten Bandung merupakan yang terbaik sejauh ini di antara yang dimiliki kabupaten/kota di Jawa Barat. Agar daerah lain membuat mal pelayanan publik yang lebih baik.  

Demikian terungkap dalam peresmian Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung di Gedong Budaya, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (08/12/2021). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo yang meresmikan langsung disaksikan Gubernur Ridwan Kamil dan Bupati Dadang Supriatna. 

"Kami sangat mengapresiasi. Kami sudah evaluasi, Mal Pelayanan Publik yang terbaik adalah di Kabupaten Bandung. Ini akan menginspirasi 27 kota/kabupaten di Jawa Barat," ucap Gubernur.

Baca Juga: Pemkot Bandung Beri Kadeudeuh Rp16,5 Miliar untuk Kontingen PON dan Peparnas

Menurut Gubernur, kabupaten/ kota wajib memiliki mal pelayanan publik sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang sejalan dengan kebijakan nasional. 

"Jadi kami dorong para bupati dan wali kota tahun depan mendirikan sebuah tempat satu pintu untuk pelayanan publik," katanya.

Selain itu Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat telah membina dan mendorong  pemberian intensif keuangan untuk pemda kab/kota melalui prestasi dalam melaksanakan reformasi birokrasi.

"Dari kaca mata provinsi kami tentunya melakukan pembinaan dan melakukan dorongan - dorongan termasuk insentif anggaran dalam bentuk bantuan keuangan melalui nilai - nilai prestasi dari kota dan kabupaten yang melaksanakan reformasi birokrasi," ujarnya. 

Baca Juga: Magelang Belajar Manajemen Talenta ke Pemda Provinsi Jabar

Gubernur berharap, mal pelayanan publik bisa menjadi bukti bahwa negara hadir untuk masyarakat dalam hal melayani. 

"Jika dulu harus ketok pintu di banyak alamat, banyak tempat, sekarang cukup datang ke satu tempat untuk melakukan pelayanan - pelayanan, sehingga ini menjadi contoh, bahwa negara hadir kepada masyarakat," tuturnya

"Sehingga saya titip semangat melayani itu harus menjadi sebuah kekuatan untuk ASN," tutup Gubernur

(Ist)

Baca Juga:

PPKM Level 3 NATARU Dibatalkan

Mulai 9 Desember, BI Buka Layanan Penukaran Uang Rusak Lewat Aplikasi Pintar

Perkuliahan di ITB Kampus Cirebon Akan Dimulai 17 Januari 2022

Ridwan Kamil Ajak Sri Sultan Hamengku Buwono X Bernostalgia di Bandung

Presiden Minta Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Segera Dimulai

Inmendagri Baru Terbit, Berlaku sampai 13 Desember, Inilah Level PPKM di Jawa Bali

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Berita Terkait