Komisi XI Setuju, Juda Agung dan Aida S Budiman Calon Deputi Gubernur BI

Juda Agung bersama penghargaan BI yang meraih the Best Systemic and Prudential Regulator dari the Asian Banker, 2021 - Foto: Akun Medsos Juda Agung


Jakarta, Beritainspiratif.com - Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto mengatakan, Komisi XI DPR RI telah menyetujui dan menyepakati dua kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2021-2026, yang akan menggantikan dua Deputi Gubernur Bank Indonesia saat ini yang telah memasuki masa akhir jabatan.

“Komisi XI DPR RI telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap dua calon Deputi Gubernur Bank Indonesia. Pimpinan dan Anggota Komisi XI DPR RI juga telah mendalami secara keseluruhan materi dari kedua calon tersebut, dan menilai kedua calon Deputi Gubernur tersebut memiliki kompetensi dan kualifikasi melaksanakan tugas ke depan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia,” kata Dito usai memimpin Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Deputi Gubernur BI, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa (31/11/2021).

Baca Juga: Inmendagri Baru Terbit, Berlaku sampai 13 Desember, Inilah Level PPKM di Jawa Bali

Dalam kesempatan tersebut, Komisi XI DPR RI melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) secara fisik dan virtual dengan hasil memutuskan menerima dua calon Deputi Gubernur Bank Indonesia, yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman, secara musyawarah dan mufakat.

Dikutip dari laman resmi DPR RI, Kedua calon Deputi Gubernur BI tersebut, yaitu Juda Agung yang saat ini menjabat Asisten Gubernur atau Kepala Departemen Mikroprudensial diajukan menggantikan Deputi Gubernur BI Sugeng yang masa jabatannya akan habis pada 6 Januari 2022. 

Sementara Aida S. Budiman yang saat ini menjabat Asisten Gubernur-Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI diajukan untuk menggantikan Rosmaya Hadi. Demikian kata Dito saat membuka Fit and Proper Test di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Tonton: Video Juda Agung pada Kegiatan BI Mengajar di SMA N 1 Surade Sukabumi Selatan

Dito meyakini, di dalam kepemimpinan kedua Deputi Gubernur BI tersebut, Bank Indonesia mampu untuk dapat memenuhi tantangan dengan kebijakan yang dapat merespon tantangan tersebut, juga dapat terus berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

“Perekonomian Indonesia ke depan masih penuh tantangan dan diperlukan berbagai kebijakan untuk merespon tantangan tersebut. Kedua calon tersebut memiliki rekam jejak di Bank Indonesia yang sangat baik, dan saya berharap dengan terpilihnya Bapak Juda Agung dan Ibu Aida S Budiman sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia dapat berkontribusi untuk memperkuat Bank Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan mandat Undang-Undang bank Indonesia,” harap politisi Partai Golkar itu.

Diketahui bahwa, Komisi XI DPR RI telah melaksanakan Uji Kepatutan dan Uji Kelayakan (Fit and Proper Test) calon Deputi Gubernur BI, dan melalui Rapat Internal ditetapkan dua nama Calon Deputi Gubernur BI yang baru, untuk kemudian nantinya akan disahkan di dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat.

(Ist)

Baca Juga:

Ridwan Kamil Dorong Pengurus Masjid Gunakan 'Kencleng Digital'

Pengurus AMSI Jawa Barat Periode 2020-2023 Resmi Dilantik

Mulai 1 Desember, Penerbangan Indonesia Bisa Langsung ke Arab Saudi

100 Persen ODF, Tiga Daerah di Jabar Raih Penghargaan Bidang Kesehatan

UMK Kota Bandung Tahun 2022 Naik Sebesar Rp118 Ribu

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Survey IPRC: Ada Peluang Tahun 2023 Jabar Dipimpin Gubernur Perempuan  

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024