250 Anggota Satlinmas Digembleng di Dodik Bela Negara Kodam III/Siliwangi

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat memeriksa barisan Satlinmas di Dodik Bela Negara Kodam III Siliwangi, Selasa (16/11/2021) Foto: Instagram @yanamulyana


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Sekitar 250 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) melaksanakan pelatihan dan pembekalan pengetahuan tentang tugas di Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi Lembang, 16-18 November 2021.

Para anggota Satlinmas tersebut akan dididik agar dapat membantu menjalankan roda Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung. Khususnya berperan aktif di lingkungan masyarakat.

“Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat. Begitu pentingnya keberadaan Satlinmas sehingga kita harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas supaya bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tutur Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada kegiatan Pelatihan Satlinmas di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1

Yana mengatakan, salah satu tugas pemerintah adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, pemerintah juga melibatkan anggota masyarakat dengan membentuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

“Satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Ini dikarekanakan kemudahan akses dan membaur serta bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Yana.

Ia menjelaskan, Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa atau kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat.

Para anggota Satlinmas disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

“Merujuk pada Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, satlinmas sebenarnya memegang peranan mendasar, menjadi pendeteksi awal,” bebernya.

Yana menambahkan, peningkatan kapasitas itu tentu sesuai dengan tantangan yang sedang dan akan dihadapi sesuai dengan tugas Satlinmas.

Untuk itulah, Pemkot Bandung melaksanakan pelatihan dasar yang merupakan usulan Reses DPRD Kota Bandung dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Satlinmas tahun 2021.

“Bisa menjaga kekompakan dengan sesama anggota satlinmas dalam membantu tugas pemerintah Kota Bandung,” kata Yana.

“Melalui pelatihan ini juga, anggota Satlinmas dapat mengalihkan sejenak dari kegiatan rutinitas untuk menambah pengetahuan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas,” imbuhnya.

(Yanis)

Baca Juga:

Daftar PPKM JAWA BALI hingga 29 November, Ada 26 Daerah Masuk Level 1

Kota Bandung Akan Perketat Aktivitas pada Liburan Nataru

Catat, Inilah 4 Kawasan Tanpa Rokok Baru di Kota Bandung

Kapolri: Dankor Brimob Akan Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Video Call Kapolri, Atlet Peraih Emas PON Wujudkan Mimpi Jadi Anggota Polri

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Provinsi pada 15-18 November

DLHK Kota Bandung: Momentum Tidak Bergantung Kepada TPA Sarimukti

Berbasis Web, Kota Bandung Miliki Peta Batas Wilayah Hingga Tingkat RT 

Berita Terkait