KPP DPRD Jabar Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Dusun Papandayan

Ketua KPP DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari saat menyerahkan bantuan di lokasi bencana di Kabupaten Bandung, Jumat (12/11/2021) / Foto: Humas DPRD Jabar


Kab. Bandung, Beritainspiratif.com - Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan berupa sembako dan obat-obatan kepada korban bencana banjir bandang di area PTPN VIII di Dusun Papandayan, Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Ketua KPP DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi SundariĀ meminta warga setempat, tidak lagi menanam sayuran di area rawan bencana. Lebih baik warga menanam pohon besar, yang dapat menjaga lingkungan dan menjadi resapan air.

"Karena ini tidak hanya hujan dan banjir tapi bisa memungkinkan terjadinya longsor," kata Ineu usai meninjau lokasi bencana di Kabupaten Bandung, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga: Pisah Sambut: Selamat Datang Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana

Menurutnya, kondisi lahan perkebunan yang ditanami sayuran dinilai rawan bencana. Karena itu ia meminta warga setempat tetap waspada dan menjaga lingkungan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Saya berharap (banjir) tidak meluas, karena curah hujan masih tinggi, " tuturnya.

Lebih lanjut, Ineu meminta kepada anggota KPP DPRD Jabar, agar menyampaikan permasalahan yang ada di lapangan kepada mitra-mitra komisi, Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten. Sehingga, pihak terkait bisa menindaklanjuti warga yang tertimpa musibah, agar segera dievakuasi dari tempat yang rawan bencana.

"Tujuh rumah yang memang sudah tidak layak huni semoga segera ada tindak lanjut," ujarnya.

Baca Juga: Komisi III DPRD Jabar Harapkan Dana Revitalisasi Situ Ciburuy Segera Cair

Sementara itu, Ketua PKK Desa Neglawangi, Tanti Setiawati berterima kasih kepada KPP Jabar yang memberikan bantuan bagi warga terdampak.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu korban bencana alam," kata Tanti.

Ditambahkan Tanti, warga yang bermukim di area rawan bencana tersebut, diusulkan untuk direlokasi. Pasalnya, daerah tersebut, hampir setiap tahun dilanda bencana.

"Kepala desa akan berkoordinasi dengan pihak administrasi desa terlebih dahulu, untuk menentukan area relokasi pemukiman warga.

Seperti diketahui pada Sabtu (6/11/2021), 15 rumah yang dihuni 15 KK di area PTPN VIII di Dusun Papandayan, Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, dihantam banjir bandang. Akibatnya, tujuh rumah warga dinyatakan tidak layak huni.

(Adi)

Baca Juga:

Dosen SBM ITB Luncurkan Buku Manajemen Risiko untuk Startup

Inilah Daftar Pemenang Festival Film Indonesia 2021

Presiden Anugerahi Bintang Jasa 300 Nakes yang Meninggal Tangani Covid-19

Pemkot Bandung Sebar 500 Wifi Gratis untuk Balai RW, Masjid dan Taman

Penjelasan DLH Jabar Terkait Operasional TPK Sarimukti

Berbasis Web, Kota Bandung Miliki Peta Batas Wilayah Hingga Tingkat RT

Berita Terkait