UPI Raih Anugrah Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori Informatif 2021



Bandung, Beritainspiratif.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih prestasi kategori informatif dalam Penganugerahaan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2021, yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) secara daring, Selasa (26/10/2021).

Anugerah keterbukaan informasi badan publik bagi UPI diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H.Ma’ruf Amin serta diterima oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA dan disaksikan oleh pimpinan universitas sekaligus sebagai pimpinan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) serta jajaran pimpian dan staf unit kerja dilingkungan humas UPI.

“Universitas Pendidikan Indonesia meraih kategori Informatif dari total 338 badan publik yang dilakukan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik oleh komisi informasi pusat,” ucap Kepala Humas UPI Prof. Dr. Deni Darmawan.

Baca Juga: Daftar Lengkap 83 Penerima Anugerah KIP Badan Publik Tahun 2021

Ia menjelaskan penghargaan ini terdiri dari kualifikasi badan publik perguruan tinggi negeri, badan usaha milik negara, lembaga non struktural, lembaga negara dan lembaga pemerintan non kementerian, pemerintah provinsi, kementerian serta partai politik.

“Indikator penilaian 80% atas dokumen dan 20% presentasi. Secara rinci komposisi penilaian naskah dan dokumen yaitu 40% dari aspek pengembangan website dan pengumuman informasi publik, 40% dari aspek pelayanan informasi publik dan penyediaan informasi publik. Sedangkan sisanya 20 % pada presentasi atas komitmen, inovasi dan kolaborasi dalam keterbukaan informasi publik,” jelasnya.

Baca Juga: Belajar Bisnis dan Manajemen Lebih Menyenangkan Melalui Games Berbasis Virtual Reality

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA mengatakan, kategori tertinggi dengan capaian informatif merupakan prestasi yang gemilang.

“Semoga prestasi yang diraih bisa dipertahankan. Semua elemen pada unit kerja di UPI berperan dalam raihan prestasi ini, ” ucap Solehuddin.

Ia juga menegaskan, semua unit kerja berkomitmen bergerak, mendukung serta meningkatkan kinerjanya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Secara operasional unit kerja hubungan masyarakat sangat berperan dalam mempersiapkan, melaksanakan serta melakukan evaluasi dalam pemenuhan indikator monitoring dan keterbukaan informasi publik.

Menurut Solehuddin salah satu kunci diraihnya anugerah keterbukaan informasi publik ini, adalah kita sebagai badan publik harus memiliki integritas dan kejujuran.

“Kedepan kita akan meningkatkan kinerja unit-unit kerja untuk mencapai standar dan kriteria keterbukaan informasi publik. Sebagai lembaga publik UPI berkomitmen penuh dalam menyelenggarakan ketebukaan informasi publik,” tutupnya.

(Adi)

Baca Juga:

PERTAMA, UGM Terapkan Tandatangan Elektronik Pada Ijasah Wisudawan

Tips Cegah Pencurian Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol

Faktor Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Kata Pakar UGM

Tips Membersihkan Kotoran Telinga yang Tepat

Malas Gerak Selama Pandemi Covid-19 Berisiko Osteoporosis

Wacana Pemindahan Ibukota Negara Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Berita Terkait