Memasuki Purnabhakti, Tiga Guru Besar UPI Sampaikan Pidato Kehormatan

Tiga guru besar UPI yang memasuki Purnabhakti Prof. Dr. Hj. Nuryani Rustaman, M.Pd., Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd., dan Prof. Dr. Fransisca Sudargo, M.Pd. / Foto: Humas UPI


Bandung, Beritainspiratif.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar pidato kehormatan bagi tiga guru besar yang memasuki masa purnabhakti secara daring dan luring di gedung Achmad Sanusi kampus Bumi Siliwangi jalan Setiabudhi kota Bandung, Selasa (29/20/2021).

Ketiga guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Hj. Nuryani Rustaman, M.Pd., Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd., dan Prof. Dr. Fransisca Sudargo, M.Pd.

Prof. Dr. Nuryani dalam pidatonya mengangkat tema "Hikmah di Balik Proses Belajar Sepanjang Hayat dalam Pandangan Biologi Berbasis Kecerdasan Majemuk".

Sedangkan Prof. Dr. Wahyudi mengangkat tema "Mengkhayati Semangat Pendidikan Matematika dan Dunia Pendidikan di Indonesia Terkini."

Sementara Prof. Dr. Fransisca Sudargo berpidato dengan tema "Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pendidikan Guru Biologi Untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum."

Baca Juga: Level 2 PPKM: 99 Kelurahan di Kota Bandung Nol Kasus Covid-19

Berkaitan dengan pidato kehormatan tersebut, Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UPI, Prof. Dr. Karim Suryadi mengatakan pidato kehormatan yang sudah menjadi tradisi akademik sejak tahun 2019, digelar sehari sebelum Dies Natalis.

"Tujuannya adalah meletakkan legacy para profesor kepada juniornya. Mereka akan memotret persoalan strategis serta solusinya," tuturnya.

Karim menambahkan, memang ini bukan satu-satunya masalah strategis dan solusi yang paling jitu, tetapi paling tidak kalau dosen muda berpedoman pada apa yang dikatakan oleh mereka dan apa yang menjadi pengalaman mereka selama puluhan tahun, insyaallah itu akan menjadi sebuah penanda, bagaimana cara kita menghadapi solusi.

Menurut Karim pidato kehormatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur, ungkapan kebahagiaan.

"Jangan sampai ketika menjadi guru besar dan dikukuhkan dengan pidato yang luar biasa, lalu ketika mereka pensiun dilepas begitu saja," imbuhnya.

Saat ini UPI memiliki 125 guru besar aktif dan 15 guru besar emeritus serta 2 guru besar yang belum dikukuhkan.

"Tahun ini ada 5 orang guru besar yang memasuki masa purnabhakti, satu guru besar diantaranya telah meninggal dunia dan satu guru besar lagi memasuki purnabhakti ahir tahun 2021, sehingga pidato kehormatannya dilaksanakan pada dies natalis tahun 2022 mendatang, " pungkasnya.

(Adi)

Baca Juga:

Kota Bandung Level 2, Inilah Daftar PPKM JAWA BALI Hingga 1 November

Tim ITB Temukan Fakta Keberadaan Hewan Purba di Waduk Saguling

Daftar Lengkap PPKM Level 1 - 3 Se-Indonesia Hingga 1 November

Bukti Pembayaran Pajak, Stiker Hologram Akan Ditempel di Kendaraan

Ikon Wisata Baru, Bogor Bakal Ada Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Dokumen Hilang, Begini Cetak Sendiri Akta Kelahiran, KK, dan Akta Kematian

Berita Terkait