19 Tahun Lepas, Indonesia Bawa Pulang Kembali Thomas Cup

Pemain Indonesia merayakan dengan trofi setelah memenangkan final Piala Thomas atas Cina di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Ahad, 17 Oktober 2021. Indonesia berhasil menundukkan Cina dengan skor 3-0. Claus Fisker/Ritzau Scanpix via REUTERS


Jakarta, Beritainspiratif.com - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie memastikan Indonesia meraih gelar juara Thomas Cup 2020 setelah mengalahkan Li Shi Feng pada laga ketiga.

Jonatan menang 21-14, 18-21, 21-14 atas Li Shi Feng dalam drama tiga game yang berlangsung selama 1 jam 21 menit.

Dengan kemenangan Jonatan yang tampil pada partai ketiga, memastikan Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas 2020 dengan mengalahkan China 3-0.

Baca Juga: Ikon Wisata Baru, Bogor Bakal Ada Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020 yang berlangsung pada 2021 ini membuat Indonesia mengakhiri puasa gelar yang sudah berlangsung selama 19 tahun.

Sebelum menang di Thomas Cup 2020 ini, Indonesia terakhir kali menang di Thomas Cup 2002 yang berlangsung di Guangzhou, China.

Saat itu, Indonesia berhasil menang 3-2 atas Malaysia di partai final untuk merebut gelar Thomas Cup ke-13 dalam sejarah.

Baca Juga: Terpanjang di Dunia, Jembatan Gantung di Jabar Bakal Hadirkan Kereta Gantung

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat untuk seluruh atlet bulu tangkis yang telah berjuang di Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Jokowi mengaku senang dan bangga Indonesia akhirnya mampu keluar sebagai juara.

"Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya," kata Jokowi melalui akun Instagram resminya, @jokowi, Minggu (17/10/2021) malam.

Baca Juga: Bareskrim Polri Bentuk Tim Khusus Berantas Pinjol Ilegal

Jokowi mengaku tegang mengikuti jalannya pertandingan babak final. Namun, ia begitu gembira ketika menyaksikan tunggal putra Tanah Air, Jonatan Christie, akhirnya berhasil memenangkan pertandingan.

Presiden pun begitu mengapresiasi perjuangan seluruh atlet dan pelatih.

"Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah menjadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir game ke-3. Indonesia juara," ujar Jokowi.

"Dari Tanah Air saya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet bulutangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa di Ceres Arena, Aarhus, Denmark," tuturnya.

(Yanis)

Baca Juga:

5 Kali Juara, Jabar Provinsi Pertama Juara Umum PON di Papua

Menang 2 - 0 Atas Bhayangkara FC, Teja Paku Alam MAN OF THE MATCH

Pemerintah Akan Tindak Tegas Praktik Pinjaman Online Ilegal

PD Kebersihan Kota Bandung Resmi Dilikuidasi

Dokumen Hilang, Begini Cetak Sendiri Akta Kelahiran, KK, dan Akta Kematian

Pengurus FK KIM Kota Bandung 2021-2024 Dilantik, Ini Pesan Wali Kota

Berita Terkait