MOKAKU UPI 2021, Mendikbudristek: Mahasiswa Miliki Kemerdekaan Tentukan Masa Depan

Mendikbudristek saat pembukaan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKAKU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2021 secara virtual, Kamis (26/8/2021).


Bandung, Beritainspiratif.com - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menegaskan, menjadi mahasiswa berarti memiliki kemerdekaan lebih luas untuk menentukan arah masa depan.

Karena itu, Kemendikbudristek memberikan hak pada semua mahasiswa diseluruh Indonesia, untuk belajar diluar prodi atau diluar kampusnya selama 3 semester.

"Mahasiswa bisa memanfaatkan waktu tersebut, untuk mengikuti program Kampus Merdeka," kata Mendikbudristek secara virtual pada pembukaan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKAKU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2021, Kamis (26/8/2021).

Nadiem menyebutkan program-program Kampus Merdeka, antara lain magang di perusahaan atau organisasi sosial, melakukan studi independen, membangun desa, melakukan riset, mengerjakan proyek kemanusiaan, merancang dan merintis wira usaha, melakukan pertukaran mahasiswa di dalam dan di luar negeri, atau mengajar di SD atau SMP di program kampus mengajar.

Baca Juga: Panglima TNI - Kapolri Tinjau Vaksinasi Serentak di 41 Ponpes se-Jawa Timur

Semua program ini tambah Nadiem dirancang untuk memberi ruang pada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikannya, guna mendapatkan pengalaman yang tidak tertulis pada buku teks atau bisa diajarkan dalam kelas.

"Keunggulan dari program Kampus Merdeka, adalah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya, " tegas Nadiem.

Rektor UPI Prof. Dr. H. M Solehuddin mengatakan, MOKAKU berlangsung 3 hari mulai 26 sampai 28 Agustus 2021, diikuti 11.450 mahasiswa baru pada jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Magister dan Doktor Tahun Akademik 2021/2022 dari berbagai jalur penerimaan.

“Kegiatan MOKAKU merupakan rangkaian kegiatan awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan akademik dan kemahasiswaan di UPI. Kegiatan ini diselenggarakan pada tingkat Universitas, Fakultas, Kampus Daerah serta Program Studi dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tutur Rektor di Gedung Achmad Sanusi, Kampus UPI Bumi Siliwangi, Kamis (26/8/2021).

Solehuddin menjelaskan, kegiatan MOKAMU ini diselenggarakan secara daring dan live di TVUPI (http://tv.upi.edu/) serta melalui melalui Zoom Meeting dan Channel YouTube TVUPI Digital.

MOKAKU UPI Tahun 2021, juga diisi dengan kuliah umum dengan narasumber tokoh nasional diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Majelis Dewan Guru Besar PTN-BH Periode 2020-2021 Prof. Dr. Karim Suryadi M.Si. dan Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd, Duta Besar Indonesia untuk Uzbekistan Merangkap Kirgizstan.

(Adi)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait