Gempa Bumi Tektonik 4,9 M Dirasakan Dini Hari di Wilayah Garut



Garut, Beritainspiratif.com - Subuh dini hari Senin, 23 Agustus 2021 pukul 04:13:04 WIB gempabumi tektonik guncang wilayah Garut dan sekitarnya. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 8.32 LS dan 107.58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km Barat Daya GaruthBarat Daya Garut-Jabar pada kedalaman 1 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengungkapkan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Babinsa Biak Timur Cerdaskan Anak Bangsa Melalui Perpustakaan Keliling Ke Pelosok

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Cijulang, Tasikmalaya, Pameungpeuk, Ciamis, Bungbulang, Cisompet, Ciparanti, Cikalong dan Cijagra dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Hingga pukul 06:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan, dan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," Pesan Hendro Nugroho.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta