UPI Gandeng Kodam Siliwangi, Targetkan 15.000 Peserta Ikut Vaksinasi Massal

UPI kerjasama dengan Kodam III Siliwangi, gelar vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Gymnasium Kampus UPI Bumi Siliwangi, Senin (16/8/2021).


Bandung, Beritainspiratif.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerjasama dengan Kodam III Siliwangi, menyelenggarakan vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Gymnasium Kampus UPI Bumi Siliwangi, Senin (16/8/2021).

Vaksinasi ini menargetkan 15.000 orang dari tenaga kependidikan, tenaga dosen, pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum.

“Vaksinasi ini merupakan kegiatan kelima bagi tenaga kependidikan, tenaga dosen, pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum di UPI,” ucap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Poliklinik UPI dr. Lucky Angkawijaya Roring, M.Pd, AIFO.

Lucky menjelaskan, vaksinasi massal diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama pada Hari Senin, 16 Agustus 2021 sampai Rabu 25 Agustus 2021. Sedangkan tahap kedua Hari Senin,13 September 2021 sampai 22 September 2021.

Baca Juga: Mari Berdiri Tegak dan Ambil Sikap Sempurna pada 17 Agustus 2021 Pukul 10.17 WIB

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi mahasiswa di UPI, ucap Lucky merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Disamping itu mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di UPI dikoordinasikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Poliklinik UPI bekerjasama dengan pemerintah melalui Kodam III Siliwangi, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Kelurahan, Rukun Warga (RW), Kepala Sekolah, Puskesmas Ledeng, Puskesmas Karang Setra, Puskesmas Sukasari, dan Puskesmas Cidadap,” tutur Lucky.

Peserta vaksinasi massal Covid-19 yang diadakan di UPI kali ini, yaitu tenaga kependidikan, tenaga dosen, pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum dengan mengakses jadwal vaksinasi pada laman http://vaksinasi.upi.edu/.

Sedangkan untuk media informasi penanganan COVID-19 di lingkungan UPI bisa mengakses laman http://humas.upi.edu/siaga-covid-19-upi/

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Humas UPI Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si mengatakan, sebelumnya UPI telah menyelenggarakan 5 (lima) gelombang target sasaran vaksinasi Covid-19.

Pada gelombang pertama, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ditujukan bagi perwakilan para pimpinan Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Rektor, Para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Kepala Biro Sarana dan Prasarana, Kepala Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha, Kepala Biro Sarana dan Prasarana, Kepala Sub Bagian Umum dan Kesekretariatan serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keamanan dan Ketertiban Kampus yang bertepatan dengan Peluncuran Vaksinasi bagi Pelayan Publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bandung.

Pada gelombang kedua, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ditujukan bagi para tenaga dosen yang berusia lanjut diatas 60 tahun. Pada gelombang ketiga, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ditujukan bagi para tenaga dosen dan tenaga kependidikan. Pada gelombang kempat, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ditujukan bagi para pelajar dan mahasiswa.

“Pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam lima gelombang di UPI bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, Mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity)serta melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” tutupnya.

(Adi)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait