Alumni IPB University Donasikan Rp 1,3 Miliar untuk Tabung Oksigen dan Lainnya

Penyerahan sombolis bantuan donasi dari Himpunan Alumni IPB University / Foto: Humas IPB University


Bogor, Beritainspiratif.com - Sebagai bentuk nyata kontribusi alumni dalam membantu penanganan pandemi COVID-19, Himpunan Alumni (HA) IPB University menyerahkan donasi sebesar Rp 1,3 milyar kepada IPB University. Donasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB University, Fathan Kamil kepada Rektor IPB University, Prof Arif Satria di Kampus Dramaga, Bogor (28/7/2021).

Bantuan donasi terdiri dari 120 unit tabung oksigen kapasitas enam meter kubik senilai Rp 342,5 juta, 60 unit regulator senilai Rp 72 juta, 500 unit selang oksigen nasal canula dan 100 selang masker senilai Rp 9,5 juta. Donasi ini juga menanggung biaya isi ulang tabung oksigen selama tiga bulan senilai Rp 360 juta, bantuan biaya makanan pasien selama tiga bulan senilai Rp 420 juta dan paket obat-obatan senilai Rp 114.435.000.

Baca Juga: Dirjen Dukcapil: Kedepan Sertifikat Vaksinasi Bisa Jadi Syarat Layanan Adminduk

Dalam kesempatan itu, Ketua DPP HA-IPB University, Fathan Kamil mengapresiasi seluruh lapisan alumni di berbagai daerah dari berbagai angkatan atas keikutsertaan dalam program donasi ini. Semangat yang ditunjukkan alumni IPB University ini, sebutnya, merupakan bentuk komitmen alumni membersama almamater.

“Terima kasih pada para alumni dan berbagai komponen yang telah bekerja keras menyalurkan energi positifnya. Energi positif ini menunjukkan adanya peningkatan bagaimana kita turut berkontribusi untuk almamater dan untuk bangsa ini. Mudah-mudahan langkah ini terus menjadi partisipasi aktif yang strategis ke depan. Alumni akan terus bersama untuk mendorong tumbuh kembang almamater lebih baik,” ujarnya.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria turut menyambut baik dan mengapresiasi langkah HA IPB University ini. Ia menyampaikan apresiasi kepada alumni yang telah terlibat dalam donasi ini. Pengadaan tabung oksigen akan sangat membantu penyembuhan pasien yang membutuhkan.

"Saat ini IPB University telah melakukan berbagai langkah untuk mengatasi pandemi COVID-19. Sejak tahun lalu, asrama dialihfungsikan menjadi tempat bagi warga IPB University menjalani isolasi. Berkat kerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor, IPB University menyediakan satu gedung asrama lagi untuk warga IPB University maupun warga Bogor yang bergejala ringan untuk isolasi,” terang Rektor.

Selain itu, lanjutnya, vaksinasi terus dilakukan secara masif. Setelah dosen dan tenaga kependidikan, dalam waktu dekat IPB University akan menyediakan vaksin untuk mahasiswa, keluarga besar IPB University dan masyarakat lingkar kampus.

Tak hanya itu, IPB University dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menghasilkan instalasi oxygen concentrator plant. Hal ini sebagai langkah untuk memberikan jaminan pasokan oksigen untuk kepentingan rumah sakit terutama di Bogor. Ke depan, IPB University juga akan membuka rumah sakit lapang bekerja sama dengan rumah sakit swasta di Bogor.

“Semoga support alumni terus mengalir. Semoga Allah membalas niat dan karya baik dari seluruh alumni. Saya berharap kita selalu kompak untuk bersama menyelesaikan masalah bangsa,” tutur Prof Arif.  

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama, dan Hubungan Alumni sekaligus Ketua Crisis Center COVID-19 IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat dan Kepala Biro Komunikasi, Yatri Indah Kusumastuti. Sementara dari pihak HA IPB University, hadir Sekjen HA, Walneg S. Jas dan Ketua Umum Aksi Relawan Mandiri (ARM) HA IPB University,  Ahmad Husein.

“Semoga semua donasi dan bantuan ini dapat bermanfaat untuk membantu menyelamatkan nyawa dan kesembuhan seluruh pasien isolasi mandiri yang kini tengah berjuang memenangkan hidup melawan COVID-19. Semoga Allah meridhai segala usaha kita ini,” ujar Ketua ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait