Unpad Gelar Vaksinasi, Rangkul Masyarakat 3 Desa di Kecamatan Jatinangor

Suasana saat berlangsungnya vaksinasi di Unpad Kampus Jatinangor, Minggu ( 25/7/2021) Foto: dok. Unpad


Kabupaten Sumedang, Beritainspiratif.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar Universitas Padjadjaran pada Sabtu (24/7) dan Minggu (25/7). Selain ditujukan bagi keluarga dosen dan tenaga kependidikan Unpad, vaksinasi juga sudah diberikan kepada sejumlah masyarakat dari tiga desa di Kecamatan Jatinangor.

“Ini adalah kontribusi keluarga besar Unpad untuk Sumedang,” ujar Herman saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor, Minggu (25/7). Peninjauan tersebut didampingi langsung Rektor UnpadhRektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Pada vaksinasi kali ini, sebanyak 150 masyarakat dari Desa Cipacing, Cikeruh, dan Hegarmanah di Kecamatan Jatinangor sudah divaksinasi di kampus Unpad. Herman mengatakan, ke depan, Pemkab Sumedang juga akan bekerja sama dengan Unpad untuk menggelar kegiatan vaksinasi massal bagi masyarakat Kecamatan Jatinangor dan Tanjungsari.

Baca Juga: Prof Inge, Unair: Apapun Varian Covid-19, Solusinya Adalah Patuh 5M dan Vaksinasi

Melalui vaksinasi massal tersebut, sekira 70 persen masyarakat Jatinangor dan Tanjungsari sudah tervaksinasi. Diharapkan, capaian tersebut dapat menjadikan Jatinangor dan Tanjungsari dapat mencapai kekebalan komunitas (herd immunity).

“Kolaborasi sinergi Pemkab dan Unpad akan melakukan serbuan vaksin di Jatinangor dan Tanjungsari,” kata Herman.

Pelaksana Tugas Ketua Satgas Covid-19 Unpad Irvan Afriandi, dr., Grad.Dipl.OEH, MPH, DrPH, mengatakan, Unpad telah memiliki rencana untuk menggelar vaksinasi bagi masyarakat di sekitar kampus Jatinangor.

Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan masyarakat di sekitar kampus akan lebih siap untuk menerima kehadiran mahasiswa kembali melalui program pembelajaran hybrid. Selain warga Unpad yang sudah divaksinasi, masyarakat di sekitar kampus juga sudah divaksinasi, sehingga diharapkan lebih terlindungi ketika ada interaksi.

Sementara itu, Rektor juga mengapresiasi atas kolaborasi pimpinan, guru besar, dosen, tim medis, hingga relawan mahasiswa dalam kegiatan vaksinasi kali ini. Tercatat, ada 100 mahasiswa Unpad yang terjun membantu pada kegiatan vaksinasi ini.

“Mudah-mudahan ini menjadi wujud keterlibatan Unpad dalam menyehatkan masyarakat Jatinangor,” kata Rektor.

Sebagai bentuk apresiasi, para relawan mahasiswa akan dianggap mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Para mahasiswa juga akan diberi penilaian setara 2 SKS.

“Apresiasi juga kepada para tenaga klinis, tenaga farmasi, keamanan, bahkan para guru besar yg turun langsung dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi ini,” kata Rektor dilaman resmi Unpad.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait