Klinik FOR Vokasi UI Gelar Layanan Gratis Konsultasi Fisioterapi

Foto: dok.vokasi UI


Jakarta, Beritainspiratif.com - Klinik Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Administrasi Rumah Sakit (FOR) Vokasi UI dan Tim Bantuan Fisioterapi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), memberikan layanan konsultasi online fisioterapi secara gratis. Konsultasi online tersebut sudah diadakan sejak tahun lalu, untuk memberikan masyarakat umum yang mengeluhkan gangguan kesehatan, seperti muskuloskeletal, nyeri pinggang, leher, dan lainnya. Klinik FOR Vokasi UI merupakan laboratorium klinik kesehatan yang dimiliki Program Pendidikan Vokasi UI dalam bidang pelayanan fisioterapi dan terapi okupasi.

Layanan tersebut dilakukan oleh para mahasiswa program studi (prodi) Fisioterapi tingkat akhir yang tergabung dalam Tim Bantuan Fisioterapi, didampingi oleh dosen Fisioterapi UI. Selama proses konsultasi, pasien mendapatkan edukasi agar keluhan jarang muncul dan teknik latihan. Setelah konsultasi selesai, perkembangan pasien akan dipantau oleh fisioterapis melalui aplikasi WhatsApp. Jika masih ada keluhan, maka akan dibuat jadwal agar pasien kembali untuk berkonsultasi.

Kepala Klinik FOR Vokasi UI yang juga dosen prodi Fisioterapi, Riza Pahlawi, Str.Ftr., M.Kes., menyampaikan bahwa konsultasi online ini bertujuan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Mengingat sampai saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi, kami berharap tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang, fisioterapis tetap dapat memberikan layanan yang fleksibel dari segi waktu dan ekonomi, serta mengurangi mobilitas,” ujarnya dilaman resmi UI Senin, (19/7/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Serahkan Hewan Kurban Limosin Cross ke Masjid Istiqlal

Andini Puspita Dewi, salah seorang mahasiswa prodi Fisioterapi yang juga ikut berpartisipasi sebagai fisioterapis, menjelaskan bahwa dengan adanya konsultasi online ini dapat membantunya untuk melatih diri menangani pasien dari jarak jauh. “Konsultasi online ini juga tentunya sangat membantu mahasiswa melatih diri menangani pasien sebelum nanti terjun langsung ketika magang, maupun setelah lulus dari Vokasi UI,” kata Andini.

Untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan calon pasien. Pertama, calon pasien dapat mengisi formulir pendaftaran konsultasi pada tautan http://bit.ly/KonsultasiOnlineFORVokasiCenter. Setelah itu, pasien melakukan konfirmasi melalui nomor yang tertera di tautan tersebut melalui WhatsApp. Kemudian, pihak klinik akan menentukan fisioterapis dan menginformasikan kepada pasien.

Selanjutnya, pasien melakukan konsultasi di hari dan waktu yang telah ditentukan (apabila ada perubahan jadwal, dapat mengonfirmasikan ulang). Konsultasi dilakukan secara virtual melalui platform Zoom atau Google Meet. Pihak klinik akan melakukan evaluasi setiap konsultasi selesai dilaksanakan. Jadwal layanan konsultasi online dilaksanakan setiap Senin s.d. Jumat pukul 09.00 s.d. 17.00 WIB. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, calon pasien dapat mengakses media sosial Instagram milik Klinik FOR Vokasi UI dan Tim Bantuan Fisioterapi di @forvokasicenter.ui dan @tbfvokasiui.

Prodi Fisioterapi merupakan salah satu prodi jenjang sarjana terapan di Vokasi UI. Prodi ini menghasilkan fisioterapis profesional, dengan kompetensi antara lain mampu memberikan penyuluhan kesehatan dalam perspektif fisioterapi, berkompeten dalam praktik fisioterapi anak, praktik fisioterapi ortopedik/muskuloskeletal, praktik fisioterapi neurologi, fisioterapi kardiorespirasi, fisioterapi geriatri dan komunitas, serta fisioterapi kesehatan kerja.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait