Sekda Kota Bandung: RW 05 Cisaranten Endah, Bisa Jadi Role Model Penanganan Covid-19

Foto: bicom-Yayan


Bandung, Beritainspiratif.com - Sekda Kota Bandung / Ketua Harian Satgas Covid-19 Ema Sumarna dalam rangkaian kunjungan kerjanya, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di SMP Mutiara Bunda Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, melakukan peninjauan ke RW 05 Griya Caraka Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung Senin, (12/7/2021) yang menjadi contoh RW mandiri dalam penanganan Covid-19.

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi, Ema mengungkapkan, dalam penanganan Covid-19 di RW 05 Griya Caraka Kelurahan Cisaranten Endah Kec. Arcamanik Kota Bandung, melakukannya tanpa membeda-bedakan status dan profesi serta memiliki kekompakan yang sangat luar biasa.

“Saya melihat disini nilai-nilai demokrasi terbangun disini yakni oleh dan untuk warga, dimana semuanya disini dilakukan dengan swadaya masyarakat, swakelola masyarakat, terbangun dengan sangat luar biasa, dalam penanganan Covid-19” ungkap Ema.

Baca Juga: Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Minta Kewilayahan Miliki Target Vaksinasi

Semua berbicara peduli, sampai kalau bicara di materilkan, ini sangat luar biasa, dan mungkin ini tidak bisa dilaksanakan oleh semua RW.

“Kebetulan saja disini secara ekonomi masuk kalangan menengah ke atas,  artinya mereka secara ekonomi berkemampuan. Tetapi itu kalau itu tidak dibangun empati oleh pengurus, tentunya itu tidak mudah untuk dilakukan,” ujarnya.

Disini sangat luar biasa dalam penerapan PPKM Darurat selain memiliki ambulance sendiri dan pintu masuk satu pintu, dalam satu bulan saya dengar seseorang sudah tidak lagi hitungan berapa saya harus peduli.

“Begitu tahu ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, asal tahu apa yang dibutuhkan warga berlomba-lomba, untuk berinfaq dan bersodaqoh ( versi islam),” ungkap Ema.

Disini tidak ada warga yang kekurangan makanan semua disiapkan catering, bahkan sampai oxigen (gas) pun tersedia. Jadi disini tidak ada kepanikan warga, karena semua sudah ditangani disini.

“Sistim kelolanya sudah sangat profesional, data (IT/teknologi) sudah sangat mendukung. Disini data warga sudah terpetakan, siapa yang masih di merah, kuning dan hijau.  Sehingga sangat memudahkan aparatur setempat khususnya Puskesmas, dan itu tadi saya lihat koordinasinya sudah sangat bagus antara RW dan Puskesmas,” ungkapnya

Ema berharap apa yang dilakukan di RW 05 Griya Caraka Kelurahan Cisaranten Endah, Arcamanik ini, bisa menjadi role model untuk di RW yang lain.

“Saya tahu di RW yang lain pun ada, tetapi nilai kesempurnaan itu tentu terus diperbaiki, dan pengelolaannya menjadi terstadarisasi seperti di RW 05 ini,” tegas Ema.

Menurut Ema, segala sesuatunya sangat terorganisir,  dan terkelola dengan baik, pungkasnya.

Sementara itu di Ketua RW 05 Griya Caraka Kel. Cisaranten Endah, Sonny mengungkapkan, bahwa apa yang terjadi di warganya semua terinformasi ke warga.

“Kebersamaan menjadi kunci, edukasi dan pemahaman, itulah yang membuat kita semakin kuat,” tegasnya.

Satgas warga RW 05 Cisaranten Endah disini melibatkan berbagai profesi hingga tim medis dan dokter ada.

“Semua warga yang terkonfirmasi seluruhnya terpantau perkembangannya oleh tim dokter, termasuk biaya dan ketersediaan alat medis hingga oxigen seluruhnya swadaya warga,” pungkasnya.

Hadir dalam kunjungan Sekda Kota Bandung tersebut, Camat Arcamanik Firman Nugraha, Lurah Cisaranten Endah Jajang Kurnia, Kepala UPT Puskesmas wilayah Arcamanik, Kapolsek Arcamanik Kompol Denny, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta warga RW 05 Cisaranten Endah lainnya.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait