Hari Laut Sedunia: Bio Farma Tanam 2.000 Pohon Mangrove di Subang

Bio Farma saat melakukan penanaman mangrove di lahan kritis Desa Mayangan Kec.Legon Wetan Subang, Selasa, (8/6/2021)


Bandung, Beritainspiratif.com - PT. Bio Farma melalui Corporate Social Responsibility (CSR) memberi bantuan 2.000 pohon Mangrove, untuk ditanam di Kawasan Lahan Kritis di Desa Mayangan, Kec. Legon Wetan Kab. Subang Jawa Barat.

Penanaman pohon mangrove dalam rangkaian memperingati Hari Laut Sedunia tahun 2021 ini, dilakukan bekerjasama dengan SRIKANDI Bio Farma, Tim Tanggap Darurat Bio Farma, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Perhutani, Wanadri dan masyarakat setempat.

Tujuannya mengembalikan keberadaan hutan mangrove di pesisir utara Pulau Jawa.

Baca Juga: Targetkan 10.000 Orang, Panglima TNI Tinjau Vaksinasi Massal di Bandung

Kepala Divisi Manajemen Asset dan Umum PT Bio Farma (Persero), Erwin Kurniawan mengatakan selain memproduksi vaksin,

Bio Farma juga berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya memperbaiki kondisi lingkungan khususnya di lahan kritis.

Hal itu dilakukan dengan menanam pohon mangrove, untuk menyelamatkan lingkungan.

"Sebagai perusahaan yang berkomitmen menyelamatkan manusia melalui pemberian vaksin, Bio Farma juga berkomitmen menyelamatkan lingkungan, ” kata Erwin di Subang, Selasa (8/6/2021)

Pada kesempatan yang sama Ketua Yayasan Wanadri, Tri Wahyu menyatakan, wilayah pesisir utara Pulau Jawa menjadi area yang terdampak banyak oleh abrasi.

Tak hanya itu, tanaman mangrove yang selama ini menjadi “penghadang” ganasnya ombak, telah berkurang karena adanya alih fungsi lahan.

"Karena itu Wanadri mengharapkan masyarakat bisa menanam di lahan kritis, sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana,” ujar Tri Wahyu.

Hal senada disampaikan Bidang Komunikasi dan Kerjasama Srikandi Bio Farma Ayu Fanny Fitriastuty.

Menurutnya, penanaman mangrove sebagai salah satu cara merehabilitasi lahan kritis di pantai utara Jawa, sehingga dapat menciptakan perubahan yang lebih baik bagi lingkungan.

"Kami (Srikandi) ingin berperan serta secara aktif untuk ikut terlibat dalam penanaman mangrove ini. Semoga mangrove yang ditanam, tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Komunitas Srikandi PT Bio Farma (Persero) merupakan organisasi internal perusahaan, sebagai wadah bagi para karyawati untuk

berkontribusi aktif, menunjukan eksistensi dan saling memberikan dukungan positif, membangun kapasitas, beradaptasi, berinteraksi, serta menjaga keseimbangan peranan kesetaraan gender dalam di perusahaan.

Keberadaan Komunitas Srikandi Bio Farma ini merupakan wujud nyata dari dukungan perusahaan terhadap “Impact Champion for HeforShe” program dari United Nations, untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dalam segala bidang kehidupan bukan hanya dalam dunia kerja tapi juga secara umum di Indonesia.

(Ida)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait