Padalarang-Cicalengka Akan Dikembangkan Jadi Jalur Ganda Kereta Api

WALI Kota Bandung saat menerima Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, di Pendopo, Selasa (8/6/2021) / Foto: Prokopim Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Walikota Bandung, Oded M. Danial sangat mendukung rencana pengembangan perkeretaapian jalur ganda Kereta Api wilayah Padalarang hingga Cicalengka (Sapalenka).

Dukungan itu ia lontarkan saat menerima Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di Pendopo, Selasa (8/6/2021).

“Pertemuan tadi menyampaikan adanya rencana pengembangan perkeretaapian wilayah Jawa bagian barat dari Padalarang sampai ke Cicalengka. Tentu saja ini program yang baik untuk direspon dan didukung,” kata wali kota.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Tebar Ribuan Ikan dan Tanam Pohon Endemik

Menurutnya, pengembangan tersebut perlu sosialisasi dan edukasi bersama kepada masyarakat. Terutama kepada warga yang terdampak sosial di sekitar wilayah pengembangan.

“Di dalam penataan penertiban perkeretaapian ini harus ada sosialisasi edukasi ke masyarakat yang mungkin nanti terdampak,” pintanya.

“Sosialisai dan edukasi itu tetap harus disampaikan kepada para warga,” tambahnya.

Wali kota pun mengungkapkan terkait kebijakan kompensasi perlu segera dibahas. Terlebih jika koordinasi sudah dilakukan.

“Bahwa dampak sosial ini harus ada kompensasinya. Mereka sudah ada kebijakannya,” ungkapnya.

Oleh karenanya, ia meminta kepada Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

“Untuk koordinasi awal, akan dibuat tim di lapangan antara tim dari perkeretaan api dengan Dinas terkait atau aparat di kewilayahan,” tuturnya.

Harapannya, pelayanan kepada masyarakat Kota Bandung bisa berjalan baik dan optimal. “Mudah-mudahan berjalan baik, lancar dan optimal,” ucapnya.

RV/-

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta