PT MBM Ajak Masyakat Jalin Kemitraan Melalui Madu Klanceng



Bandung, Beritainspiratif.com - Menambah penghasilan ialah dambaan setiap orang. Namun kesibukkan dan sulitnya memiliki pekerjaan tambahan, sering kali menjadi hambatan. PT Mahakarya Berkah Madani (PT MBM) memiliki solusinya, yaitu dengan menjalin kemitraan untuk budidaya madu klanceng.

Madu klanceng adalah madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng atau disebut juga lebah Trigona dengan nama latin levicep Trigona.

Madu ini kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, dan enzim. Selain itu kandungan propolis dan bee pollen, madu klanceng sangat tinggi serta bermanfaat bagi tubuh dan terapi berbagai penyakit berat.

Dengan banyaknya manfaat pada madu klanceng ini, harganya pun cukup mahal. Walau begitu permintaan akan madu ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Berkaitan dengan hal ini PT MBM, selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang budidaya lebah klanceng, mengajak masyarakat dengan menjalin kemitraan.

Baca Juga: Besok, 8 Posko Cek Poin di Kota Bandung Ini Mulai Beroperasi

Mitra akan diminta membeli stup berisi koloni lebah klanceng seharga Rp. 1,2 juta. Kemudian, PT MBM akan membeli madu yang dihasilkan setelah panen setiap empat bulan sekali.

"Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, madu klanceng yang dihasilkan akan dibeli oleh kami dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp. 400 ribu untuk setiap stup," ungkap Direktur PT. MBM, Mada Purna Wijaya di Kantor PT MBM Kab. Bandung Barat, Selasa (4/5/2021).

Selama masa kontrak dan tidak rusaknya segel pada kotak stup atau kotak sarang lebah, mitra akan diberikan garansi apabila koloni lebah mati, dengan cara memberikan stup dan koloni lebah yang baru.

Pemeliharaan lebah klanceng pun cukup mudah. Tidak perlu tempat khusus, cukup letakkan kotak stup di sekitaran rumah, seperti halaman, teras, atau kebun dan lebah pun akan terbang mencari makan dan berkembang biak sendiri.

Pohon yang diperlukan sebagai sumber makanan pun cukup simple. Untuk hasil maksimal, Mada Purna Wijaya menyarankan pohon bunga matahari, santos, dan kaliandra.

"Kalau yang diutamakan lebah klanceng itu pohon matahari, santos, kaliandra. Itu memang mahal, tetapi khasiatnya untuk menghasilkan madu itu sangat bagus. Sebagai penunjang, pohon mangga bisa, jambu bisa, yang penting harus ada putik bunga. Karena putik sari bunganya yang nanti dihisap untuk dijadikan madu," jelasnya.

Walau begitu tidak semua orang bisa bermitra dengan PT MBM. Ada beberapa persyaratan yang PT MBM berikan, agar budidaya lebah ini bisa menguntungkan kedua pihak.

"Pertama harus mempunyai lahan. Kedua, mitra kita survey dulu. Jadi kita tidak semudah kemitraan-kemitraan klanceng yang lain. Ketiga, ada pembinaan dari tim kita. Keempat, kalau nanti keadaan per empat bulan panen ternyata gagal, itu nanti masuk ke zona merah dan tidak bisa kita acc," tuturnya.

Ia juga menambahkan, jikalau masuk zona kuning, itu 50-50, bisa kita acc lagi dengan catatan mitra harus memperbanyak bunga-bungaan untuk madunya. Kalau zona hijau, langsung kita acc.

"Fungsi zona itu agar mitra menanam bunga-bungaan yang sangat banyak guna menghasilkan madu yang bagus," ucapnya.

Berkaitan dengan adanya penipuan berkedok investasi lebah klanceng di Kediri beberapa waktu yang lalu, PT MBM memberikan klarifikasi bahwa PT MBM tidak memiliki kaitan dengan investasi bodong lebah klanceng yang dilakukan Koperasi Niaga Mandiri Sejahtera Indonesia (NMSI) Kediri. Ia juga meminta untuk tidak menyamakan PT MBM dengan kemitraan klanceng yang lain.

"Perlu diklarifikasi, bahwa PT MBM jangan disamakan dengan kemitraan klanceng yang lain. PT MBM tidak ada anak perusahaan dan anak cabang. PT MBM pun tidak memiliki masalah finansial. Internal external aman-aman saja," tegasnya.

Mitra pun, tutur Mada Purna Wijaya, dipersilahkan datang langsung ke PT MBM, untuk memilih kotak masing-masing. Hal ini juga untuk menghindari persepsi kalau PT MBM hanya menjual kotak kosong.

"Silahkan datang dan memilih sendiri, mana kotak yang bagus, karena di sini kita ada penyaringan untuk stup-stup yang ada koloni, ada bipolen, propolis, madu dan ada ratunya," tambah dia.

Untuk pangsa pasar sendiri, PT MBM sudah merambah Australia dan Timur Tengah, tepatnya di Dubai.

"Di dubai per satu liternya mau dibeli Rp 3.500.000. dan madu kita 250ml itu dijual 310 ribu. Kenapa mahal, karena di sini langsung semuanya kita peras, madu, propolis dan bipolen. Jadi semua ada kandungan dan khasiatnya," imbuhnya.

PT MBM sendiri, sudah memiliki mitra kurang lebih 5000 mitra di Indonesia. Walau begitu dengan naiknya permintaan dari tahun ke tahun, PT MBM mengajak masyarakat untuk bergabung sebagai mitra PT MBM, dan menambah penghasilan tambahan.

(Adi)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait