Semarang, Padang dan Bandung Raih Anugerah PPD 2021 Tingkat Kota

Musrenbangnas 2021 di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (4/5/2021) / Foto: Humas Kementerian PPN/Bappenas


Jakarta, Beritainspiratif.com - Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang mengusung tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Dalam Pembukaan Musrenbangnas 2021 yang dilaksanakan secara daring dan luring dari Istana Merdeka, Presiden RI Joko Widodo menegaskan pentingnya mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkualitas.

“Pertumbuhan ekonomi harus inklusif, harus menjadi bagian penting bagi penyelesaian masalah Sustainable Development Goals. Pertumbuhan ekonomi harus menjadi mesin bagi pemerataan pembangunan dan keadilan ekonomi baik antar daerah, atau desa dan kota,” tutur Presiden RI Joko Widodo, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Kota Bandung Wakili Jawa Barat Pada Lomba Saber Pungli Nasional

Dalam Musrenbangnas 2021 yang juga dihadiri para pimpinan lembaga tinggi negara, menteri dan kepala lembaga pemerintah non-kementerian, gubernur seluruh Indonesia, pimpinan BUMN dan KADIN, serta gubernur dan bupati/wali kota, Kementerian PPN/Bappenas menganugerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021, anugerah evaluasi kreatif dalam bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan berkualitas, mencapai target-target pembangunan daerah, dan berinovasi guna mengatasi masalah pembangunan di daerah.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PPN/Bappenas, dalam PPD 2021 ini diberikan kepada pemerintah daerah yang terbagi dalam tiga kategori, yakni provinsi, kabupaten, dan kota.

Untuk Peraih PPD 2021 Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di Tingkat Provinsi:

1. Predikat terbaik pertama diraih Sumatra Barat

2. Predikat terbaik kedua diraih Jawa Barat

3. Predikat terbaik ketiga diraih Bengkulu.

Untuk kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di Tingkat Kabupaten:

1. Predikat pertama diraih Kabupaten Bangka

2. Predikat terbaik kedua diraih Kabupaten Banggai

3. Predikat terbaik ketiga diraih Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Untuk kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di tingkat Kota:

1. Predikat terbaik pertama diraih Kota Semarang

2. Predikat terbaik kedua diraih Kota Padang

3. Predikat terbaik ketiga diraih Kota Bandung

Pengumuman pemenang PPD 2021 disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju melalui siaran langsung Musrenbangnas 2021. Selain PPD 2021, Kementerian PPN/Bappenas juga menganugerahkan Penghargaan Khusus Daerah terkait Inovasi Pembiayaan Alternatif Skema KPBU untuk Kota Pekanbaru serta Penghargaan Khusus Daerah terkait Ekonomi Hijau dan Rendah Karbon untuk Provinsi Bali.

“Sebagai rangkaian penyusunan RKP 2022, dapat kami laporkan telah dilaksanakan beberapa kegiatan, di antaranya adalah pelaksanaan Rapat Koordinasi Gubernur yang diselenggarakan pada tanggal 23–24 Februari 2021, yang dihadiri Gubernur seluruh Indonesia dan seluruh Kepala Bappeda Provinsi. Pada Rapat Koordinasi tersebut, para Gubernur menyampaikan usulan proyek prioritas daerah yang mendukung pelaksanaan Major Projects. Usulan tersebut kemudian dibahas secara mendalam dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) pada tanggal 1 hingga 10 Maret 2021 yang melibatkan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian dan Lembaga terkait, serta Bappeda Provinsi,” ungkap Menteri Suharso.

Pasca pelaksanaan Rakortekrenbang, Pemerintah Provinsi membahas kembali usulan-usulan tersebut dalam Musrenbang Provinsi, serta melengkapi kembali aspek kesiapan dan kelayakan proyek, untuk dibahas kembali dalam Musrenbangnas ini. Dalam Musrenbangnas 2021, pembahasan usulan tersebut dilaksanakan bersama-sama yang melibatkan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah dengan mekanisme persidangan online per provinsi yang diselenggarakan pada 3-10 Mei 2021.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta