Persinyalan SiLVue Produk Len Industri, Telah Digunakan di Berbagai Jalur KA



Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam pengoperasian sebuah sistem perkeretaapian, tidak lepas dari peran sentral OCC (Operation Control Centre) yang berfungsi menyupervisi seluruh pergerakan kereta dan kesesuaian jadwal kereta.

Kini, kita perlu berbangga karena OCC dengan nama SiLVue buatan anak negeri sudah beroperasi di berbagai jalur kereta di Indonesia.

SiLVue adalah brand produk sistem OCC milik PT Len Industri (Persero). Dan OCC merupakan sebuah sub-sistem dari sistem persinyalan kereta.

Kementerian Perhubungan sudah banyak bekerja sama dan mempercayakan Len Industri membangun sistem persinyalan kereta maupun OCC di Indonesia.

Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri, Linus Andor M. S. mengatakan, SiLVue sudah dioperasikan di OCC LRT Jakarta, LRT Sumatera Selatan, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Daop 1 Jakarta (Manggarai), Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 8 Surabaya, Daop 7 Madiun dan Daop 6 Yogyakarta (proses pembangunan).

"OCC SiLVue telah mengantongi sertifikasi keamanan (safety) internasional dari Bureau Veritas Indonesia per 30 Maret 2021 lalu. Bureau Veritas merupakan lembaga internasional yang memiliki otoritas sertifikasi di bidang keamanan sistem perkeretaapian, " kata Linus dalam keterangan resminya, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Komisi II DPRD Jabar, Minta Penyebaran Benih di Masyarakat Dikendalikan

Linus menjelaskan, dj level ASEAN hanya Indonesia yang memiliki SiLVue sebuah sistem yang terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Perangkat ini memungkinkan operator perkeretaapian memantau, mengontrol, mengumpulkan, dan memproses data secara real-time dari aktivitas perkeretaapian.

SiLVue terdiri dari SiLVue OI1100, SiLVue TM1000, SiLVue CG1000, SiLVue AG1000, dan SiLVue DG1000.

Dikatakannya, SiLVue OI1100 merupakan sebuah perangkat lunak sebagai interface operator dengan seluruh perangkat di lapangan. SiLVue OI1100 dapat memonitor dan melakukan pengendalian jarak jauh seluruh perangkat fasilitas di sebuah stasiun, serta pemberi peringatan jika terjadi sebuah masalah di stasiun tersebut.

Linus menambahkan SiLVue memiliki standar keamanan SIL 2 (Safety Integrity Level 2) dan dikembangkan dengan standar proses keamanan EN50128. User friendly, sehingga mudah digunakan dan dapat membantu engineer mengembangkan sistem.

"SiLVue hemat biaya karena bersifat modular, open platform dan biaya efisien dalam pemeliharaannya. Selain itu juga fleksibel karena applicable terhadap sistem kontrol lainnya, " imbuhnya.

(Ida)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 09 May 2021
Polisi Dapati Tujuh Pemudik Naik Ambulan