Tingkatkan Investor di Kalangan Akademisi, BEI Luncurkan 4 Terobosan Baru

Foto: Direktur Utama PT BEI Inarno Djajadi


Jakarta, Beritainspiratif.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan empat terobosan baru, untuk meningkatkan pertumbuhan investor pada kalangan akademisi dan stakeholders ditengah pandemi Covid-19.

Peluncuran dilakukan secara virtual pada acara Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia, yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI), bersama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dengan dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Jumat (12/3/2021).

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan, empat terobosan baru ini sejalan dengan upaya SRO dan OJK dalam menyediakan sarana edukasi kepada masyarakat, terutama yang berbasis digital.

"Sampai Februari 2021, jumlah investor Pasar Modal Indonesia telah mencapai 4.515.103 investor, meningkat 16,35 persen atau penambahan 634.350 investor dibandingkan ahir tahun 2020," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Apresiasi Sepeda Listrik Tenaga Surya “Easy Bike” Unpad

Sementara Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menuturkan, 4 terobosan baru tersebut terdiri dari IDX Virtual Tour 360, Halaman Edukasi Investasi di Website BEI dan Modul Sekolah Pasar Modal Digital, Kompetisi Galeri Investasi BEI: IDX GI-a-thon, serta konsep Galeri Investasi Edukasi BEI dan Galeri Investasi Digital BEI.

Terobosan ini merupakan respon atas masifnya pertumbuhan investor baru pada awal tahun 2021.

"Pertumbuhan tersebut melanjutkan tren positif tahun 2020, sebagai tahun kebangkitan investor ritel dalam negeri, kata Inarno.

Menurut Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, beberapa inisiatif digital yang disiapkan mulai hari ini dapat digunakan bersama untuk kepentingan edukasi pasar modal.

“BEI memberi kesempatan yang lebih luas kepada semua, untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan dukungan teknologi digital.” ujar Hasan.

Inisiatif pertama adalah IDX Virtual Tour 360, video berteknologi realitas maya, yang dapat diakses dari YouTube channel Indonesia Stock Exchange.

Video tersebut memberikan pengalaman berkunjung ke BEI dan Galeri Yuk Nabung Saham, dengan sensasi ruang yang nyata.

Hal ini diakukan untuk mengakomodasi keingintahuan dan antusiasme para pelajar di seluruh Indonesia.

Hasan melanjutkan halaman Edukasi Investasi pada Website BEI, yang di dalamnya terdapat beberapa Modul Sekolah Pasar Modal Digital, adalah inisiatif kedua.

Melalui halaman ini, calon investor akan mendapatkan dasar-dasar pendidikan pasar modal, yang dapat diakses kapanpun di Website BEI.

Hasan melanjutkan setelah mendapatkan bekal edukasi, masyarakat juga dapat membuka rekening efek melalui tautan ke website Anggota Bursa yang menyediakan layanan pembukaan rekening efek secara daring.

"Untuk mendampingi perjalanan investasi investor baru, beberapa video lain terkait produk dan layanan pasar modal juga tersedia pada halaman tersebut,” tuturnya.

Hal ini bertujuan agar kualitas investor baru meningkat, seiring dengan semakin mudahnya calon investor untuk mengakses informasi awal tentang Pasar Modal Indonesia.

Apresiasi Galeri Investasi BEI Inisiatif ketiga adalah sebuah bentuk apresiasi BEI kepada Galeri Investasi (GI) BEI yang tetap aktif mengupayakan edukasi pasar modal, meskipun terdapat keterbatasan akibat pandemi, dan kepada Anggota Bursa Mitra GI BEI, yang mengoptimalkan simplifikasi pembukaan rekening efek.

Apresiasi tersebut berupa sebuah program tantangan digital, yaitu IDX GI-a-thon.

Melalui IDX GI-a-thon, GI BEI ditantang untuk meningkatkan jumlah kegiatan edukasi walaupun secara digital, meningkatkan jumlah investor, mendorong aktifitas belajar berinvestasi melalui praktik transaksi saham dengan mengutamakan analisis yang benar

Disamping itu mendorong penggunaan AKSes sebagai wujud Perlindungan Investor, serta bersama-sama dengan BEI dan Anggota Bursa Mitra GI BEI mengoptimalkan penggunaan platform Regional Development Information System.

Platform tersebut adalah alat untuk mengelola dan memonitor aktifitas GI BEI di seluruh Indonesia.

"Untuk itu, kepada Kantor Perwakilan BEI, Anggota Bursa Mitra GI BEI, bersiaplah, karena bendera start akan kami kibarkan tepat pada 1 April 2021 mendatang,” kata Hasan.

Konsep Baru Galeri Investasi BEI Inisiatif terakhir dan tidak kalah penting, ujar Hasan, BEI menyiapkan 2 konsep baru kerja sama GI.

Konsep baru GI ini dapat diadopsi oleh GI BEI dan Anggota Bursa Mitra GI BEI untuk meningkatkan sinergi serta kolaborasi dari setiap stakeholders pasar modal, yang sejalan dengan percepatan dunia digital.

Kedua konsep baru tersebut adalah Galeri Investasi Edukasi (GIE) BEI dan Galeri Investasi Digital (GID) BEI.

GIE BEI merupakan kerja sama 4 pihak, yaitu BEI, Perusahaan Efek Anggota Bursa, GI BEI di Perguruan Tinggi/Non Perguruan Tinggi, dan pihak sekolah (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau setara).

Nantinya, pihak yang melakukan pengelolaan GIE BEI harus Pihak yang telah melakukan kerja sama dalam pendirian GI BEI. Anggota Bursa Mitra GIE BEI juga akan sama dengan Anggota Bursa Mitra GI BEI pendamping.Sedangkan GID BEI secara umum sama dengan GI BEI, namun tidak memiliki ruangan fisik dan seluruh kegiatan dilakukan secara virtual.

Hak dan kewajiban GID BEI sama dengan GI BEI secara umum. Konsep GIE BEI dan GID BEI ini langsung disambut baik.

Sampai dengan 10 Maret 2021, tercatat 30 GIE BEI dan 13 GID BEI langsung mengadopsi konsep baru ini serta melangsungkan pula peluncurannya pada hari ini, Dengan hadirnya GIE BEI dan GID BEI, maka total GI BEI saat ini adalah 550 GI BEI.

4 inisiatif inovasi edukasi digital yang diluncurkan tersebut menurut Hasan akan terus dikembangkan lebih lanjut oleh BEI.

“Dalam rancangan program kerja kedepannya, kami telah menyiapkan solusi digital lainnya, yang akan memudahkan upaya sekaligus kerja kita semua untuk terus bersinergi serta berkolaborasi demi kemajuan Pasar Modal Indonesia dan mendukung perekonomian nasional,” ujar Hasan.

(Ida)

Baca Juga:

Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait