Satlinmas Juara: Kado untuk HUT ke -71 Satpol PP dan ke-59 Satlinmas Jabar

Kasat Pol PP Prov. Jawa Barat Drs. Mochamad Ade Afriandi


Bandung, Beritainspiratif.com - Stigma kurang baik kepada Satpol PP dan Satlinmas, perlu dijawab oleh kinerja yang lebih profesional, berintegritas dan tetap melayani sepenuh hati.

Untuk bisa berkinerja menjadi lebih profesional, berintegritas dan selalu melayani dengan hati, harus dimulai dengan perubahan pola pikir (paradigma) Satpol PP itu sendiri.

Kasat Pol PP Prov. Jawa Barat Drs. Mochamad Ade Afriandi mengatakan “Stigma Tibum - Razia - PKL" bagi Satpol PP dan stigma "Ada drum ada Linmas", bisa dieliminir jika keberadaan Satpol PP memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Kita mulai kedepankan Satpol PP memberikan pelindungan kepada masyarakat, agar hadir rasa aman, nyaman dan tenteram di hati dan pikiran masyarakat," tutur Ade Afriandi, Senin (1/3/ 2021).

Baca Juga: Masyarakat yang Ditegur Polisi Virtual, Segera Hapus Postingannya di Medsos

Ade mengingatkan bila kenyamanan dan ketentraman sudah dirasakan, maka masyarakat akan bisa melaksanakan berbagai aktifitasnya tanpa harus melakukan pelanggaran aturan atau kebijakan Pemerintah (Pemda).

Upaya penindakan terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran, tegas Ade harus menjadi bagian akhir dalam pelayanan Satpol PP.

"Karena upaya "preventif" dan "preemtif" yang dilakukan Satpol PP, menjadi proses awal dalam perlindungan masyarakat," tandasnya.

Lebih lanjut Ade menuturkan kepatuhan akan tumbuh, bila ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk patuh, bukan karena diberi Sanksi atau karena ada Operasi.

Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi Satpol PP dalam memberikan

perlindungan kepada masyarakat, melalui upaya membangun Satlinmas Juara atau SALIRA.

Ade Afriandi menerangkan SALIRA adalah mimpi dan harapan untuk membangun Satlinmas, yang memiliki kemampunan preventif dan preemtif, dalam menghadapi gangguan trantibum maupun dalam memitigasi bencana di lingkungan warga.

SALIRA mampu berbuat dan bertindak dalam 1 Jam Pertama atau "One Hour" setelah bencana itu terjadi.

Satlinmas Juara atau SALIRA merupakan sebuah upaya Satpol PP Jabar, dalam membangun paradigma baru untuk melawan stigma, sekaligus sebagai Kado HUT Ke-71 Satpol PP pada 3 Maret 2021 dan HUT Ke-59 Satlinmas 19 April 2021.

"SALIRA adalah sumbangsih dari Satpol PP Jabar kepada Masyarakat," pungkasnya.

(Ida)

Baca Juga:

Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait