Jabar Awasi Ketat Distribusi Vaksin COVID-19 ke 27 Kabupaten/Kota



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memastikan distribusi vaksin COVID-19 ke kabupaten/kota mendapat pengawasan ketat, agar mutu vaksin tetap terjaga sampai digunakan masyarakat.

Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar Marion Siagian menyampaikan, pihaknya baru menerima vaksin COVID-19 pada Senin (22/2/2021).

"Jumlah vaksin COVID-19 yang diterima Pemda Provinsi Jabar sebanyak 127.070 vial dengan ekuivalen 1 vial 9 dosis. Saat ini, vaksin tersebut sedang didistribusikan ke kabupaten/kota," tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Terima 22 Unit Motor Listrik untuk ASN

Marion menambahkan, vaksin sudah sampai di Gudang Farmasi Provinsi, namun pendistribusian ke 27 kabupaten/kota masih dilakukan. Pendistribusiannya pun menggunakan kendaraan berpendingin cold box atau vaccine carrier dan berkordinasi dengan Polri dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Total sasaran vaksinasi tahap II di Jabar sekitar 6,6 juta orang, dengan rincian lansia berjumlah 4.403.984 orang dan petugas publik sebanyak 2.195.215 orang.

Marion mengatakan, vaksinasi tahap II akan digelar secara massal untuk memperluas cakupan sasaran dan mempercepat penyuntikan vaksin. Selain itu, skenario penyuntikan vaksin COVID-19 di daerah terdampak banjir juga sudah disiapkan.

"Vaksinasi di daerah banjir tetap dilaksanakan dengan membuat strategi memindahkan tempat pelayanan ke faskes yang tidak terdampak banjir atau dilakukan di tempat pengungsian dengan pengawasan tim medis yang kompeten," tuturnya.

(Adi)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait