Pembangunan Infrastruktur Pengendali Banjir di Jabar Terus Berjalan



Bandung, Beritainspiratif.com - Pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Jawa Barat (Jabar) terus berjalan. Selain Sodetan Cisangkuy, sejumlah bendungan untuk mengendalikan banjir di beberapa daerah, seperti Bendungan Sadawarna, juga masih terus berjalan.

"Penyodetan Sungai Cisangkuy sudah 100 persen. Yang tadinya air dari Cisangkuy ke Citarum melewati permukiman dan bikin banjir, hari ini air dari Cisangkuy sudah dibelokan langsung ke Citarum tanpa melewati permukiman. Itu contoh program penanganan banjir yang sudah 100 persen," ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

Baca Juga:Lido Akan Dikembangkan Jadi Kawasan Ekonomi Kreatif Pertama di Jabar

Selain di Sungai Cisangkuy, pembangunan untuk menangani banjir di Kali Bekasi juga sedang dalam proses pengerjaan.

"Di Kali Bekasi ada tiga proyek baru dimulai awal tahun. Upaya penanganan sedang dikerjakan. Ada yang baru dimulai, ada yang sudah 50 persen, ada yang sudah 100 persen," tuturnya.

Menurut Kang Emil, selain pembangunan infrastruktur pengendali banjir, penanganan banjir tersebut juga dilakukan dengan berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Selain itu, Kang Emil juga intens berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), diantaranya mengenai perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kabupaten Bekasi.

“Jadi dari sisi kebencanaan, BBWS mayoritas jadi penanggungjawab dalam proses perbaikan. Tadi malam saya koordinasi karena ada tanggul jebol Citarum sehingga sedang dilakukan upaya penanganan secara sementara,” katanya.

(Adi)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait