Rabu 24 Februari Jabar Mulai Vaksinasi Tahap II Dengan Prioritas Lansia



Bandung, Beritainspiratif.com - Jawa, Barat (Jabar) akan memulai vaksinasi tahap kedua pada Rabu 24 Februari 2021.

Pada tahap kedua ini Jabar menerima jatah vaksin 127.061 vial atau sekitar 1.270.606 dosis, dengan target lansia dan petugas publik.

Kelompok lansia (60-70 tahun) mendapat prioritas utama, untuk disuntik baru kemudian petugas publik.

Di Jabar jumlah yang sudah terdata ada 4.403.984 lansia yang jadi target, sementara petugas publik 2.195.215 orang, sehingga total vaksinasi tahap kedua untuk sekitar 6,6 juta orang.

“Kalau memang boleh diizinkan jatah lansia di Jabar kita akan fokuskan di zona-zona merah lansia di Bodebek yang kasusnya selalu ranking satu, dua, tiga,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam rakor virtual bersama Menteri Kesehatan RI dan beberapa gubernur dari Gedung Pakuan Bandung, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Cibadak Culinary Festival dan UMKM kuliner Kota Bandung Terapkan QRIS

Dalam rakor tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, lansia akan lebih difokuskan pada vaksinasi tahap kedua karena risiko kematiannya paling tinggi di antara kelompok lain.

“Mereka adalah grup yang harus dilindungi terlebih dahulu. Dari yang sudah terpapar COVID-19, sebanyak 50 persen adalah lansia. Dari kematian yang sudah terpapar covid, 50 persen adalah lansia,” sebutnya.

Bersamaan dengan lansia, petugas publik juga akan menjadi target vaksinasi tahap dua. Termasuk ke dalamnya ialah aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, pedagang pasar, pekerja seni dan pariwisata, dan sejenisnya.

Di tingkat nasional sendiri vaksinasi sudah dimulai senin ini. Jutaan vaksin mulai didistribusikan ke provinsi yang akan disalurkan ke kabupaten/kota.

Vaksinasi tahap kedua ditargetkan berakhir Juni 2021 sebelum nanti akan dilaksanakan vaksinasi tahap ketiga.

“Pada bulan Februari sebanyak 6,3 juta ke tiap provinsi vaksin dikirim dalam kemasan 10 suntikan, lebih besar sehingga memang seluruh tenaga kesehatan akan lebih efisien dalam pengambilannya,” tutupnya.

(Adi)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait