Komisi IV DPRD Jabar Rekomendasikan Jalur Irigasi Depok Bandung Segera Diperbaiki



Bandung, Beritainspiratif.com - Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD provinsi Jawa Barat, meninjau Daerah Irigasi Depok di Kabupaten Bandung yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal.

Ketua Komisi IV Tetep Abdulatiep mengatakan banyak kebocoran dijalur irigasi yang dibangun pada zaman Belanda itu.

Perbaikan baru dilakukan sekitar 50 sampai 100 meteran pada jalur dalam yang merupakan kewenangan Pemprov. Jabar, sedang jalur luar kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

"Jadi kita baru ada perbaikan sedikit sekitar 50-100 meteran. Kedepan harus ada perbaikan baik perbaikan dari luar maupun dari dalam. Bagusnya sih memang dari jalur yang memang menjadi kewenangan kita, yaitu jalur dalamnya, karena kalau jalur luarnya itukan kewenangan BBWS,” ujar Tetep, disela kunjungan, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Guru Penggerak Akan Jadi Syarat Menjadi Kepala Sekolah

Tetep menandaskan jalur Irigasi Depok harus segera diperbaiki, sebagai upaya untuk mengatasi terjadinya aliran air yang cukup besar dan debitnya cukup tinggi.

Pasalnya dalam kondisi jalur irigasi yang bocor, kemungkinan besar beberapa tahun kedepan akan menyebabkan penggerusan terhadap tanah yang menjadi fondasi irigasi.

“Bila tidak diperbaiki bisa jadi kalo sudah terjadi longsor maka biayanya akan menjadi lebih besar. Jadi saya memandang sebelum terjadi kerusakan yang jauh lebih parah, kita memperbaiki dari jalur dalam dulu sehingga bisa mengantisipasi jalur bawahnya, agar yang menjadi kewenangan pusat itu tidak mengalami kerusakan parah,” tandasnya.

Untuk perbaikan jalur irigasi tersebut sambung dia, komisi IV merekomendasikan peningkatan anggaran (Dinas SDA), guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

"Kami (Komisi IV) mendorong Dinas SDA Provinsi Jawa Barat untuk mengalokasikan anggaran yang sesuai dengan prioritas, " pungkasnya.

(Ida)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait