Ridwan Kamil Tinjau Operasi Penerapan Prokes di Pasar Johar Karawang



Karawang, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau penerapan protokol kesehatan (prokes), khususnya memakai masker di pasar Johar Kabupaten Karawang, Jum'at (29/1/2021).

Bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Ridwan Kamil memantau penggunaan masker para pedagang dan pengunjung di dalam pasar tradisional tersebut.

Sebelumnya Gubernur selaku Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah provinsi Jawa Barat, memimpin rapat evaluasi perkembangan kasus Covid-19 di Karawang yang dalam enam minggu berturut-turut menyandang status zona merah.

Baca Juga:Biaya Pasien Covid-19 Beban Negara

Dalam peninjauan kali ini Gubernur yang akrab disapa Kang Emil mengingatkan pedagang dan pengunjung pasar, untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

"Kami ingatkan agar selalu disiplin (menerapkan prokes), seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, " ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat Mochamad Ade Afriandi mengungkapkan, sejak

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan pada awal tahun 2021, pihaknya meningkatkan operasi penerapan prokes bersama kabupaten kota se Jabar.

Dari hasil operasi yang dilakukan secara masif itu, sambungnya pelanggaran prokes menunjukkan penurunan namun pemberian sangsi denda meningkat.

Artinya ada ketegasan dalam pemberian sangsi terhadap pelanggar, baik kepada perorangan maupun pelaku usaha/ tempat usaha.

"Namun target kita bukan pada besar dendanya, tapi ada dorongan masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku, " ujarnya.

Ade mengingatkan, walaupun sudah ada vaksin covid-19, namun itu hanya untuk mencegah karena saat ini belum ada obatnya.

"Yang penting masyarakat melakukan perubahan perilaku. Jangan kalau ada operasi baru memakai masker. Tapi tetap disiplin pake masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan harus jadi kebiasaan. Itu yang akan kita tingkatkan di 2021," pungkasnya.

(Ida)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait