PT. Angkasa Pura 1 Gelontorkan Rp 2,2 T Poles Bandara Ngurah Rai Jelang IMF-Word Bank



Beritainspiratif. com-PT. Angkasa Pura 1 (Persero) sebagai operator Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,2 triliun guna menambah fasilitas bandara tersebut menyambut pertemuan pertemuan tahunan IMF-Ward Bank pada Oktober 2018 mendatang.

Hal ini dikatakan General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Yanus Prayogi, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (24/3).

Menurut Yanus, anggaran tersebut akan digunakan untuk perluasan landasan (runway) bandara serta membangun sejumlah fasilitas tambahan.

Secara keseluruhan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai membutuhkan area seluas 48 hektar. Untuk melakukan perluasan area, sebut Yanus, pihaknya memiliki sejumlah rencana.

" Untuk perluasan area fasilitas tambahan, kami membutuhkan lahan tambahan sekitar 5,8 hektar dan secara keseluruhan luas lahan yang dibutuhkan sekitar 48 hektar," kata Yanus di Bali.

Menurut Yanus, guna memenuhi kebutuhan lahan tersebut PT. Angkasa Pura 1 memiliki sejumlah rencana diantaranya dengan melakukan reklamasi. Namun untuk reklamasi, pihaknya akan meminta ijin terlebih dahulu kepada pemerintah.

" Kalau pemerintah tidak mengijinkan reklamasi maka kami akan memasang tiang panjang untuk perluasan area," katanya.

Untuk area yang rencananya akan direklamasi berada di sebelah barat landasan pacu (runway) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Sementara itu, pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia bakal diselenggarakan pada 8-14 Oktober 2018 mendatang di Nusa Dua, Bali diperkirakan akan dihadiri 17.000 peserta dari 189 negara dan sejumlah lembaga internasional.

Peserta yang hadir antara lain kepala pemerintahan, menteri keuangan, gubernur bank sentral, bankir, akademisi, jajaran lembaga internasional, hingga kalangan pengusaha dan investor.

Selain Bandara InternasionalnI Gusti Ngurah Rai, sejumlah bandara pun telah disiapkan PT. Angkasa Pura 1 seperti bandara di Banyuwangi, Bandara Tjuanda Surabaya, dan Lombok guna mengantisipasi peningkatan jumlah pesawat tamu yang akan mendarat. (Yones)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Foto : Tribunnews.com/Y Gustaman

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024