FKPPI Jabar Dorong Semangat Gotong Royong Atasi Pandemi Covid-19



Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam upaya turut serta berkontribusi dalam Penanganan Covid-19, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (FKPPI) terus melakukan aksi sosial ditengah pendemi. Dimulai dari melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker hingga membuat kegiatan kegiatan Train of Trainee bersama Satgas Penanganan Covid-19 Pusat.

Ketua PD X FKPPI Jawa Barat, Yana Mulyana mengatakan, bahwa ditengah masa pandemi, maka berperilaku hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan harus dilakukan secara disiplin. Termasuk memakai masker, dalam mencegah penyebaran Covid-19 kepada warga yang sehat.

"Juga tidak lupa mencuci tangan, karena virus yang tinggal di selaput lendir mata dan mulut, jika tanpa sengaja menyentuhnya maka bisa terhindar dari penyebaran Covid-19," ujar Yana, pada Webinar 'Memperkuat Kesadaran Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19 Sebagai Bagian Dari Bela Negara' di Kodam III Siliwangi Jalan Aceh Kota Bandung, Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga:850-prajurit-satgas-konga-xxxix-b-rdb-terima-medali-penghargaan-dari-pbb

Menurut dia, menjaga jarak juga harus diperhatikan, agar tidak terpapar droplet Covid-19. Karena virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut, dapat menyebar melalui udara.

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan dan berpartisipasi, dalam penanggulangan Covid-19,"ucap Yana.

Sementara itu Ketua Hipwi FKPPI PD X Jawa Barat, Charles H.M. Hoetabarat mengatakan, beragam bakti sosial FKPPI, diawali dari sebuah kesadaran organisasi tersebut sebagai bagian dari elemen bangsa ditengah situasi Pandemi Covid-19. Sehingga harus berperan aktif untuk bangsa dan negara.

"Dimana harus ada terciptanya gerakan sosial yang bergerak secara masif melakukan kepedulian kepada masyarakat atas situasi Pandemi ini," katanya.

Ia mengatakan, tidak ada kekuatan terbesar yang dimiliki oleh bangsa ini, selain semangat gotong royong sebagai modal sosial. Dengan demikian, aset ini harus dibangkitkan ditengah masa pandemi Covid-19, dengan dukungan seluruh pengurus FKPPI se-Jawa Barat.

Ia juga menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain yaitu menguatkan sinergi antara kader FKPPI dengan pembina, yang ouputnya adalah membentuk para kader yang memiliki nilai sosial yang baik dan berdampak positif untuk masyarakat.

Pihaknya berharap, FKPPI yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang lahir dari rahim ABRI (saat ini TNI-POLRI) sebagai organisasi yang mandiri dan professional mendukung cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945. Terutama menjaga Ideologi Pancasila dan yang selalu siap berada digaris terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Maka tidak heran bila kader FKPPI dimanapun selalu cepat dan tanggap dalam merespons setiap persoalan bangsa, terutama masalah kebangsaan dan kemanusiaan yang akhir-akhir ini terjadi, salah satunya dalam penanggulangan Pandemi COVID-19," ungkapnya.

Hal senada di sampaikan Aster Kasdam III/Siliwangi, Kolonel Inf. Puguh Suwito menerangkan bahwa dalam penangulangan pandemi Covid-19, dibutuhkan partisipasi semua elemen masyarakat. Karena memberikan dampak yang besar bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Melalui kegiatan diskusi berbasis online tersebut, diharapkan dapat lahirnya solusi yang proaktif dalam membantu persoalan dan kesadaran masyarakat akan pandemi Covid-19. Terlebih dengan belum sepenuhnya tertangani, terus bermunculan kluster-kluster baru.

"Kondisi ini menuntut kewaspadaan kita akan pandemi Covid-19, sehingga menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa,"ucapnya.

Aster berharap, dengan adanya partisipasi FKPPI dalam pandemi, maka tetap menjunjung jiwa patriot yang diwariskan orang tua masing-masing sebagai bagian dari TNI dan Polri.

Baca Juga:

(Mugni)

Berita Terkait