Walikota Pastikan Kota Bandung Masih Zona Oranye



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Oded M Danial memastikan wilayah Kota Bandung saat ini masih berstatus zona oranye atau resiko sedang dan masih terkendali. Hal itu menyikapi kondisi bahwa di 30 kecamatan yang ada terdapat kasus positif aktif.

"Ya kalau zona itu di Bandung oranye, dengan seperti ini yang menilai ini bukan kita, akan tetapi yang menilai ada tim dari provinsi dan pusat," ujar Oded di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung Rabu (16/9/2020).

Baca Juga:MPR dukung-bio-farma-produksi-vaksin-covid-19

Ia mengaku sudah mengintruksikan kepada para camat dan lurah untuk melaksanakan penegakan pelaksanaan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang diperketat. Selain itu, pihak kecamatan dan kelurahan harus berkolaborasi.

"Gugus tugas melakukan hal yang seperti PSBB dalam pelaksanaan bahwa lebih ketat urusan masker, sosialisasi, sekarang juga kepada sanksi. Untuk kecamatan dan kelurahan harus berkolaborasi," katanya.

Menurutnya, akan melihat kondisi perkembangan penyebaran Covid-19 untuk memastikan apakah akan melanjutkan relaksasi atau tidak di beberapa sektor usaha.

"Bisa jadi oleh kita direlaksasi atau tidak, sesuai dengan kondisi yang ada melihat covid-19 yang ada," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan operasi yustisi bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker dan melanggar protokol kesehatan dua pekan ke depan.

Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap dinamika penyebaran covid-19.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan seluruh 30 kecamatan di Kota Bandung terdapat kasus positif aktif Covid-19.

"Kasus tersebar di semua kecamatan," katanya.

Menurutnya, penanganan  berskala mikro di kelurahan dan rukun warga penting dilakukan dengan mengaktifkan kampung tangguh yang sudah ada di 151 kelurahan.

(Mugni)

Berita Terkait