RS Hasan Sadikin Terima Donasi 2 Set Swab Chamber Karya Anak Bangsa



Bandung, Beritainspiratif.com - Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima donasi 2 set Swab Chamber, yaitu ruangan yang digunakan ketika petugas melakukan Swab (pengambilan sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan pasien untuk diperiksa virusnya di laboratorium).

Swab Chamber ini merupakan karya Mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), yang telah lulus uji dan pertama kali di luncurkan di RSUP dr. Hasan Sadikin, Rabu (20/5/2020).

“Kami merasa sangat bergembira menerima Swab Chamber ini. Ini merupakan alat baru yang dibuat oleh anak- anak ITB Jurusan Teknik Mesin dan secara finansial dibantu oleh Pertamina Peduli, IDI Jabar, Ikatan Keluarga Alumni FK Unpad, dan Fakultas Kedokteran Unpad. Alat ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan petugas, saat memberikan pelayanan pasien Covid-19,” kata Direktur Utama RSHS dr. Nina Susana Dewi.

Sebagai rumah sakit rujukan nasional dan rujukan laboratorium untuk pemeriksaan Covid-19, lanjut Nina alat ini sangat penting untuk digunakan di RSHS dan akan besar manfaatnya bagi rumah sakit.

Ketua Mahasiswa Teknik Mesin ITB Arya menjelaskan, salah satu kendala penanggulangan Covid-19 adalah kebutuhan APD yang sangat banyak dan dengan harga yang relatif tinggi.

Dengan alat ini, kontak antara petugas dengan pasien dibatasi, sehingga dapat menghindari paparan langsung dan meminimalisir penularan.

Arya menjelaskan, cara kerjanya alat ini adalah menutup udara masuk dari pasien ke petugas dan menciptakan ruangan yang bertekanan positif menggunakan hepafilter yang membuat ruangan tetap steril, sehingga tidak akan terjadi transmisi lokal.

“Selain meningkatkan keselamatan pasien dan petugas, swab chamber ini juga meningkatkan kenyamanan petugas, karena tidak perlu menggunakan hazmat lengkap saat mengambil swab, cukup menggunakan APD level 2 bahkan level 1. Hal ini juga dapat berdampak besar pada efisiensi.” Katanya.

Menurut Arya, Swab Chamber yang menghabiskan biaya sekitar 9.750.000 ini, tahap pertama diproduksi 15 set yang akan didistribusikan ke Rumah Sakit - Rumah Sakit di Jawa Barat.

(Ida)

Berita Terkait