Deretan Polwan yang Jabat Kapolres, Tidak Menutup Kemungkinan Kapolda



Beritainspiratif.com - Berdasarkan Surat Telegram (TR) Kapolri Idham Azis mengangkat tiga Polisi Wanita (Polwan) sebagai Kapolres pada Jumat 1 Mei 2020 yang lalu. Selain mereka, 15 polwan lainnya diberikan kesempatan untuk menduduki posisi strategis di sejumlah tempat.

“Polwan mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan polisi laki-laki untuk menjabat posisi strategis di Polri,” kata Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/5/2020).

Saat upacara kenaikan pangkat perwira Polri di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (2/2/2020), kata Argo, Jenderal Idham Azis mengatakan kepolisian memberi kesempatan yang sama kepada polisi laki-laki ataupun perempuan dalam pemberian jabatan atau kenaikan pangkat.

Oleh sebab itu tidak menutup kemungkinan bagi Kapolri untuk mengangkat sebagai kapolda dalam waktu dekat.

"Jangan salah kalau dua atau tiga bulan ke depan ada polwan yang mungkin bisa saya angkat jadi Kapolda," jelas Argo menyampaikan pesan Kapolri saat itu.

Dalam mutasi Kapolri pada Jumat 1 Mei 2020 tiga orang personel Polwan ditunjuk untuk memimpin wilayah sebagai Kapolres, Mereka adalah:

  1. AKBP Rita Wulandari sebagai Kapolres Tegal Kota
  2. AKBP Melda Yani sebagai Kapolres Banjar
  3. AKBP Sumarni sebagai Kapolres Sukabumi Kota.

Dalam penulusuran sementara, saat ini terdapat lima Polwan lainnya sudah lebih dulu menjabat sebagai Kapolres, mereka adalah:

  1. AKBP Retno Prihawaty Kapolres Metro Lampung
  2. AKBP Nyoman Suwartini Kapolres Karangasem, Bali
  3. AKBP Grace Kapolres Minahasa Utara
  4. AKBP Ganis Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak
  5. AKBP Juliani Prihartini sebagai Kapolres Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Itulah deretan Polwan yang saat ini tengah menjabat sebagai Kapolres, setidaknya ada 8 orang Polwan, belum termasuk Polwan lainnya yang pernah menjabat sebagai Kapolres seperti di Cianjur atau wilayah lainnya.

Siapakah Kapolda pertama berasal dari Polwan ? Kita tunggu saja keputusan Kapolri berikutnya. (*)

Berita Terkait