Inilah Kiat 3 Pasien yang Sembuh dari Virus Corona dan Dihadiahi Jamu dari Jokowi



Beritainspiratif.com - Menkes RI Terawan Agus Putranto menyambangi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Senin (16/3/2020).

Awalnya Menkes melakukan pengecekan kondisi pasien Virus Corona dan fasilitas RSPI. Akan tetapi  kabar baik pun diterima, yakni tiga pasien sembuh total dari virus yang disebut Covid-19 itu. Menkes pun menghadiahi Jamu dari Presiden Jokowi untuk tiga pasien yang sempat menghebohkan tersebut.

Fakta ini sekaligus membantah sejumlah statemen yang menyebut virus ini sulit disembuhkan dan rentan terhadap kematian. Kenyataan ini pun, menjadi inspirasi dan semangat bagi mereka yang kini tengah terbaring melawan penyakit yang dinyatakan telah pendemik dunia.

Dalam jumpa pers, Menkes Terawan memang menampakan kegembiraannya. Dan entah dari mana jamu itu, yang pasti ia mengatakan oleh-oleh berupa jamu itu dari Presiden Joko Widodo untuk ketiga pasien tersebut.

”Ini khusus ya, Ini Oleh-oleh ini berupa jamu ramuan dari bapak presiden sendiri supaya bisa menjaga daya tahan tubuh dan imunitasnya supaya juga tetap sehat terus. Dan pesan Bapak Presiden mohon apa yang sudah disiapkan ini bisa nantinya diminum dan dinikmati menjadi tambah kesehatannya. Untuk itu saya akan serahkan dua buah oleh-oleh untuk dibagi bertiga,” tutur Terawan yang dilansir Antara.

Terawan kembali mengimbau masyarakat agar tidak takut atau cemas dan panik terhadap Virus Corona karena virus penyebab pneumonia ini bisa disembuhkan, hanya saja membutuhkan waktu dan perawatan rutin.

”Intensitas perawatan, disiplin ini menjadi kunci dalam proses penyembuhan. Ini membuktikan bahwa Covid-19 bisa ditangkal,” ucapnya.

Setelah dinyatakan sembuh dari virus corona, pasien 03 muncul dalam konferensi pers bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Selain pasien 03, hadir pula pasien 01 dan 02 pun dinyatakan sembuh.

Kepada wartawan pasien 03 menceritakan kiat agar sembuh dari virus corona. Salah satunya tidak panik menanggapi mewabahnya virus corona. Meski demikian masyarakat harus waspada dan memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri. Sebab virus corona termasuk penyakit yang self limiting disease atau dapat disembuhkan dengan imunitas tubuh.

”Kalau dari saya pesannya untuk masyarakat Indonesia yang sekarang panik agar tidak panik karena virus ini yang Pak Yuri (Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto) sudah sering sampaikan bahwa penyakit ini self limiting disease,” katanya.

Ada beberapa kiat yang perlu dilakukan agar terhindar dan sembuh dari Virus Corona. Seperti meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kebersihan, dan mengonsumsi makanan bergizi.

”Jadi kita punya kekuatan dari diri kita asal kita disiplin. Minum air putih yang banyak, istirahat yang benar, asupan gizi, vitamin, imunitas, dan personal hygiene yang ketat,”” katanya.

Pesan dia yang lainnya adalah taat ketika diminta melakukan self distancing atau pembatasan sosial.

”Dengarkan saran dari pemerintah kalau kita diminta melakukan pembatasan sosial untuk sementara ya kita lakukan sebaik-baik mungkin,” ujarnya.

Saat diberikan jamu, pasien 01, 02, dan 03 itu terlihat tersenyum dan bersemangat saat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan mereka telah berhasil melawan virus yang sempat menjangkit tubuh mereka. Ketiga orang tersebut berdiri berjajar dan mengenakan kebaya.

Ketiganya merupakan perempuan dan sempat dirawat di RSPI sulianto Saroso. Dua di antara pasien tersebut merupakan ibu dan anak. Terawan menyerahkan hadiah kepada tiga mantan pasien virus corona itu. Hadiah tersebut terbilang unik sebab berasal dari Presiden Joko Widodo.*

Video yang dilansir Kompas TV:

https://www.youtube.com/watch?v=tTd0ni37iFw

Berita Terkait