Jangan Panik! Inilah Bedanya 3 Tingkatan Status ODP, PDP dan Suspect Virus Corona



Beritainspiratif.com - Kementerian Kesehatan RI melalui Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto menyebutkan, ada tiga tingkatan status sebelum akhirnya seorang dinyatakan ‘Positif Covid-19’. Ketiganya yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan suspect atau terduga.

Perbedaan ketiga ini harus anda ketahui dan akan membantu agar tidak panik dan tidak termakan hoaks seputar Corona Covid-19.

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah orang yang baru saja bepergian ke negara-negara yang terjangkit virus Corona, bukan hanya WNI saja, tetapi termasuk WNA juga.

Achmad Yurianto Juru bicara pemerintah terkait penanganan  virus Corona, mengatakan, negara yang termasuk ke dalam negara terinfeksi virus Corona, adalah Cina, Iran, Korea Selatan, Italia, Singapura, dan Malaysia.

Jika orang yang masuk wilayah Indonesia berasal dari negara-negara tersebut, maka orang itu sudah masuk kategori Orang Dalam Pemantauan.

Tidak semua orang yang statusnya ODP itu sakit. Hanya saja mereka dipantau lantaran pernah bepergian ke negara dengan Covid-19.

Pemantauan dilakukan Kemenkes agar ketika Orang Dalam Pemantauan sakit, maka bisa secepatkan dilakukan pelacakan kontak yang dilakukan oleh yang bersangkutan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona adalah orang yang menunjukkan gejala influenza sedang sampai berat. PDP ini tadinya berstatus sebagai ODP.

Jika orang dalam pemantauan menunjukkan gejala batuk, pilek, demam, dan gangguan nafas seperti sesak, maka statusnya berubah menjadi PDP.

Jika ODP menunjukkan gejala-gejala di atas, maka langsung statusnya menjadi PDP. Ini berarti orang tersebut harus dirawat.

Meskipun dirawat sebagai Pasien Dalam Pengawasan Corona, maka belum tentu statusnya menjadi suspect (diduga) Covid-19. Penanganan PDP, dia akan diisolasi.

Suspect (Terduga) Virus Corona

Jika PDP memiliki riwayat kontak dengan orang yang positif Corona, maka statusnya akan berubah menjadi suspect Covid-19.

Jika statusnya sudah menjadi suspect, maka akan dilakukan tes Corona dengan cara diambil specimen dari dinding belakang hidung dan mulut.

Selain itu, di rumah sakit rujukan, pada pasien akan dilakukan bronkoskopi, yakni mengambil cairan dari saluran napas. Spesimen ini kemudian dibawa ke laboratorium. Dari sana baru ketahuan apakah pasien tersebut positif Corona atau negatif.

Itulah perbedaan ODP, PDP dan Suspect Corona, Informasi ini penting untuk diketahui agar ketika mendapati informasi terkait ODP atau PDP di daerah tempat tinggal tidak lantas menjadi panik.*

Video yang dilansir Kompas TV:

https://www.youtube.com/watch?v=xy9prBHSRmc

Berita Terkait