Sembilan Wisata Menarik di Malang Yang Keren dan Populer



Malang, Beritainapiratif.com - Kenyamanan di Kota Malang tidak dapat dipungkiri lagi, selain kota pelajar dan kuliner, disinipun banyak dijumpai wisata alam yang menarik dan populer.

Pada kesempatan melakukan daftar ulang putra kami yang diterima di PTN Universitas Negeri Malang, beberapa objek wisata sempat kami kunjungi pada Minggu, (21/7/2019).

Berikut objek wisata yang direkomendasikan yang layak dikunjungi, sebagaimana dilansir oleh Cermati.com :

1.Bersepeda di Udara di air terjun Coban Rais

Bersepeda dengan dikayuh diatas sebuah tali. Di objek wisata ini Anda dapat menikmati keindahan bukit dengan hiasan berupa sajian utama air terjun.

objek wisata ini terletak sekitar 16 kilometer dari Kota Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan mengalir deras melalui sebuah perbukitan yang asri. objek wisata ini pun memiliki gardu pandang dengan bentuk hati yang menghadap ke arah belantara.

2.Goa Pinus


Wanawisata atau wisata hutan belakangan ini memang tengah naik daun berkat trend foto folk yang menyajikan keindahan alam. objek wisata ini menyajikan keindahan hutan pinus dengan tambahan berupa keindahan Kota Batu. Kota Batu yang terkenal dengan hawanya yang sejuk mampu menenangkan serta menyegarkan pikiran dan tubuh.

3.Kampung Jodipan


Kampung Jodipan belakangan tengah viral berkat pengelolaan kampung kumuh yang disulap menjadi perkampungan yang indah bersih dan tentunya fotogenic. Pengelolaan Kampung Jodipan yang kini telah bertransformasi menjadi kampung wisata adalah gagasan dari sekumpulan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berniat merubah wajah kumuh perkampungan ini melalui lukisan mural, warna wari cat rumah, hingga penyediaan sarana kebersihan untuk menjadikan kampung ini tetap bersih dan terawat.

Kampung yang terletak di pinggiran sungai berantas ini saat ini telah berubah menjadi tempat yang selalu ramai oleh traveller maupun fotografer. Beberapa spot menarik objek wisata ini diantaranya adalah Jembatan Embong Berantas. Letak jembatan ini hanya berjarak 500 meter dari Stasiun Malang Kota Baru. objek wisata ini pun baru dibuka pada tahun 2017 dan saat ini menjadi sarana umum yang menghubungkan Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi.

4.Pantai Balekambang

Di Malang Anda juga dapat menikmati keindahan daerah pesisir bagian selatan yang tentunya indah dan tak kalah cantik dibandingkan Bali. Yang membedakan antara pantai di Bali dengan pantai di Malang adalah besarnya ombak dimana pantai di Malang cenderung memiliki ombak yang besar. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang berada langsung menghadap ke samudra.

Pantai ini sepintas memiliki bentuk yang mirip di Bali, tepatnya objek wisata Tanah Lot dimana di pantai tersebut terdapat Pura di pulau kecil yang berdekatan dengan pesisir. Pura tersebut bernama Pura Amerta Jati dan berdiri di atas pulau bernama Pulau Ismoyo.

Pura ini hingga saat ini masih aktif digunakan sebagai tempat Ibadah umat Hindu, baik upacara ibadah hari-hari biasa maupun sebagai upacara besar seperti ‘Suroan’ yang secara penanggalan jawa bertepatan dengan tahun baru Jawa atau Hari Raya Nyepi.

Di pantai tersebut Anda dapat menikmati keindahan sunset dengan siluet dari Pura dengan bangunan yang khas. Saat air di pantai tersebut surut akan terlihat batu karang yang cukup eksotis di bibir pantai. Di sepanjang pantai dengan panjang mencapai 2 kilometer ini terdapat tiga buah pantai kecil dengan nama-nama tokoh pewayangan, yakni Pantai Anoman, Pantai Wisanggeni dan Pantai Ismoyo.

5.Jawa Timur Park


Taman bermain ini memiliki ukuran yang cukup luas dan digadang-gadang sebagai taman hiburan paling keren di Indonesia lantaran berstandar internasional.

Karena areanya yang sangat luas membuat Jatim Park ini dibagi menjadi dua kawasan, yakni Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Tak jarang taman hiburan ini pun akan selalu dipadati oleh traveller, oleh karenanya sangat disarankan untuk datang ke taman hiburan ini pada saat weekdays.

6.Museum Angkut


Museum ini cukup terkenal bagi banyak traveller di Indonesia dan berbagai usia. Museum dengan luas mencapai 3,8 hektare ini memiliki koleksi yang cukup lengkap. Sesuai dengan namanya koleksi museum ini adalah kendaraan dari berbagai era dan berbagai Negara.

Museum ini memiliki koleksi sejumlah 300 kendaraan dan mengukuhkan museum ini sebagai museum terbesar di Asia Tenggara. Karena luasnya bangunan museum ini dibagi menjadi 8 zona pameran yang setiap zona nya memiliki karakteristik yang unik.

Zona tersebut diantaranya adalah Main Hall yang menyimpan koleksi kendaraan antik, zona Education Hall yang menyimpan koleksi sejarah transportasi. Zona selanjutnya adalah Euro Zone dimana zona ini menyimpan koleksi kendaraan yang berasal dari Eropa seperti Range Rover yang konon katanya pernah digunakan oleh Ratu Inggris, selain itu ada pula Pasar Apung yang merupakan replika dari pasar apung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Museum ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kecamatan Batu, Kota Batu.

7.Coban Putri


Malang sendiri Anda dapat menemukan banyak air terjun yang indah dengan ketinggian bermacam-macam. Destinasi wisata air terjun selanjutnya yang dapat dikunjungi di Malang adalah Coban Putri. Air terjun ini tepatnya terletak di Desa Tlekung. Memiliki air yang jernih dan belum terkontaminasi membuat objek wisata ini sangat cocok untuk berendam maupun sekedar berenang ditemani percikan air yang sejuk.

objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dimana salah satu daya tariknya adalah tersedianya ayunan yang berada tepat di sisi air terjun yang dapat Anda gunakan untuk foto. Selain spot foto berupa ayunan, air terjun ini juga memiliki spot foto bernama “Tangan Tuhan” serta ayunan yang dipenuhi dengan hiasan dengan latar belakang hutan yang lebat yang sayang untuk dilewatkan.

7.Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Siapa yang tak mengenal gunung Semeru dengan Puncak Mahameru nya? Gunung dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan air laut ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini pun kian terkenal berkat ulasannya di film 5cm yang dirilis pada tahun 2012 silam. Dengan tingginya yang mencapai 3.676 mdpl, hal tersebut membuat para pendaki gunung menganggap hiking di gunung tersebut sebagai ‘batu loncatan’ bagi para pendaki yang ingin menambah pengalaman. Hal tersebut dikarenakan waktunya yang cukup singkat untuk mendaki serta turun.

Pendaki gunung yang hendak menuju puncak Mahameru biasanya dimulai dari Desa Ranu Pane. Di desa ini Anda pun dapat menyiapkan bekal serta beristirahat sejenak sebelum memulai kegiatan ekspedisi mendaki gunung. Pada tahap awal perjalanan Anda akan berujung di Ranu Kumbolo yang merupakan sebuah danau besar dan sangat indah. Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau.

Di Ranu Kumbolo ini artinya Anda telah mencapai ketinggian 2.400 mdpl dan kawasan sekitar Ranu Kumbolo memiliki hawa yang dingin karena bentuk dataran yang berdekatan dengan danau dan lembah. Namun tak jarang di lokasi ini banyak yang mendirikan tenda dan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Mahameru.

Salah satu daya tarik dari perjalanan menuju puncak Mahameru adalah tanjakan cinta yang akan ditempuh setelah melewati Ranu Kumbolo. Konon katanya jika berhasil berjalan tanpa henti dan tanpa melihat kebelakang Anda akan menemukan cinta sejati.

Padang Oro-Oro Ombo merupakan area yang menyajikan keindahan bunga Edelweiss yang konon merupakan lambang dari keabadian. Tak hanya itu saja, di area ini Anda juga dapat menemukan bunga Verbana Barisliensis Vell, bentuknya mirip bunga Lavender yang biasanya hanya ditemukan di Indonesia.

Gunung Semeru adalah salah satu gunung berapi yang aktif, oleh karenanya menginap di puncak gunung ini sangat tidak disarankan lantaran terdapat gas beracun yang mematikan hari beranjak siang.

Untuk dapat menaklukkan Mahameru, pendaki dapat menginap satu malam di Kalimati serta memulai pendakian pada pukul 2 dini hari dengan keadaan gelap gulita.

Pada tahap akhir tersebut Anda harus sangat berhati-hati lantaran sering kali terjadi berguguran batu-batu besar yang tentunya membahayakan nyawa pendaki.

8.Berwisata Kuliner ke Kafe Unik di Malang, Madam Wang Secret Garden.

Apel memang buah komoditas utama Kota Malang, namun Apel bukan lah satu-satunya makanan yang dapat memanjakan lidah di kota tersebut. Malang merupakan kota yang memiliki keberagaman budaya serta sejarah oleh karenanya tak heran jika Malang memiliki banyak tempat makan yang unik dan tentunya lezat. Salah satu destinasi wisata kuliner yang dapat dikunjungi di Malang adalah Madam Wang Secret Garden.

Jika berkunjung ke kafe ini tentunya Anda akan tertarik untuk melihat-lihat terlebih dahulu daripada langsung memilih tempat duduk dan memesan makanan. Madam Wang Secret Garden ini memiliki dua area yang dapat dipilih yakni outdoor yang asri dan indoor yang nyaman dan hangat.

Makanan yang direkomendasikan menurut beberapa situs review kuliner adalah Gudeg Ayam khas Yogyakarta. Namun jika tidak mau makan makanan yang terlalu berat Anda dapat mencoba makanan ringan seperti apple strudel yang sangat terkenal.

Madam Wang Secret Garden tak hanya memiliki kafe, tempat makan ini juga menawarkan butik kecil yang juga menjual koleksi kain serta berbagai macam benang yang dapat digunakan untuk menyulam. Kafe ini terletak di Jalan Telomoyo 12, Kota Malang. (Yanis)

Berita Terkait