Alat Ini Bisa Atasi Kebakaran Dilokasi Sulit Dijangkau Damkar



Jakarta, Beritainspiratif.com - Bimo Prabowo menciptakan alat pemadam kebakaran portable sebagai solusi dari masalah kebakaran di lingkungan padat penduduk. Inovasi ini ia namakan Alat Pemadam Api Medium (Apam).

Ide tersebut berawal dari kebakaran yang terjadi pada tetangga kosan, kemudian rumah dia di gang dan padat, angin menyebar. Damkar pun sulit untuk masuk gang, akhirnya memadamkan api hanya dengan ember, kata Bimo yang dikutip dari laman teknologi.id

Apam ini bisa digunakan dengan memanfaatkan roda belakang motor sebagai sumber tenaga penggerak. Ban motor ditempatkan di atas roller Apam, kemudian pengguna tinggal memutar handle gas motor, ujar Bimo.

Pengguna hanya perlu menarik penyanggah (standar) tengah motornya, kemudian meletakkan Apam di bawah ban motor belakang. Apam ini bisa memadamkan api bangunan dengan ketinggian hingga empat lantai dan memiliki mobilitas tinggi untuk memadamkan api di gang sempit karena ukurannya mungil untuk alat pemadam kebakaran.

Apam dengan ukuran panjang 45 cm dan tinggi 32 cm dan berat 10 kilogram, bisa menyemburkan 325 liter air dengan tekanan pompa maksimal 130 psi (pound per square inch).

"Tekanan pompa maksimal 130 psi, penggunaan operasional 95 psi. Standar tekanan pompa pemadam itu harus 65 psi", " katanya.

Bimo mengatakan alat ini mendapatkan apresiasi dari damkar. Damkar menilai baik masih ada warga yang memikirkan masalah kebakaran dengan menghasilkan inovasi.

Bimo sedang menciptakan alat untuk menaruh Apam ditengah-tengah antara penyangga dan ban motor belakang serta mengaitkannya, sesuai saran Damkar.    (Yanis)

Berita Terkait