Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Bandung Bersiap Terapkan PSBB

Bandung, Beritainspiratif.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) siap dilaksanakan, hal itu dilakukan sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Bahkan, jika masyarakat masih banyak yang berkerumun dan tidak mengindahkan imbauan untuk #dirumahaja, PSBB akan secepatnya diberlakukan di Kota Bandung.

“Perihal PSBB di Kota Bandung berdasarkan koordinasi dengan Gubernur Jawa Barat, beliau menyampaikan agar Bandung siap-siap menghadapi kemungkinan PSBB disekitar Bandung Raya,”ucap Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung Senin (13/4/2020).

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu instruksi Gubernur Jawa Barat dalam penetapan PSBB di Kota Bandung. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah melakukan koordinasi juga dengan pihak Kota Kabupaten lainnya.

“Saya melakukan koordinasi seperti apa saja eksiting di Kota Bandung, untuk itu saya sudah koordinasi dengan Cimahi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Tapi tetap saja untuk penetapan seperti apa dikoordinasi dengan pak Gubernur Jabar,” ujarnya.

Lebih jauh Oded mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan sesuai arahan Gubernur. Salah satunya, Bandung mempersiapkan diri di dalam rapid tes Covid-19, dengan demikian bisa terpetakan seperti apa PSBB yang akan diterapkan.

“Yang pasti, apapun yang akan dilaksanakan di dalam kebijakan PSBB akan dilihat kajiannya hari ini dan pekan depan sudah mengajukan,”katanya.

Oded mengatakan, jika masih banyak masyarakat yang membandel diluar dengan berkerumun dan melakukan aktivitas tidak penting, PSBB akan diterapkan lebih cepat.

“Mobilitas makin ramai, ngobrol dengan masyarakat ada yang jenuh atau ada kepentingan lain. Apapun alasannya kalau trennya ramai lagi seperti tidak ada masalah padahal baru start, siap saja bisa jadi PSBB diberlakukan,” pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: