PTDI Serahkan 5 Unit Ventilator Kepada RS Salamun Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Tim Pengembang Vent-I yang beranggotakan ITB, UNPAD dan YPM Salman ITB, menyerahkan secara simbolis 5 unit Ventilator Indonesia atau Vent-I yang diproduksi oleh PTDI kepada RSAU dr. M. Salamun Bandung.

Penyerahan bantuan Vent-I dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Perusahaan PTDI Irlan Budiman dan Direktur Rumah Amal Salman ITB, Kamal Muzakki kepada Kepala RSAU dr. M. Salamun, Kolonel Kes dr. Sriharto, Sp.M.

Baca Juga:Pesawat-n250-gatotkaca-karya-bj-habibie-disimpan-di-museum-yogyakarta

Sebelumnya PTDI menyerahkan 100 unit Vent-I kepada Rumah Amal Salman ITB, untuk dibagikan secara gratis ke Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 seluruh Indonesia.

“PTDI ditugaskan oleh pemerintah untuk memproduksi Ventilator selama masa pandemi Covid-19 ini. Pendanaan untuk fasilitas produksi hingga bisa memproduksi 100 unit ventilator, kami alokasikan dari anggaran program CSR perusahaan," ujar Ridlo Akbar, Direktur Produksi PTDI dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/7/2020).

Baca Juga:Dansektor-22-citarum-harum-sangat-beririsan-dengan-program-kang-pisman

Direktur Produksi PTDI Ridlo Akbar menambahkan pihaknya sedang memproses perijinan produksi ventilator.

"Untuk tahap awal, kapasitas produksi dimulai dari 500 unit dan bertahap ditingkatkan hingga 2.000 unit/bulan, " ujarnya.

Ventilator Indonesia atau Vent-I telah lolos uji semua kriteria, sesuai dengan standard SNI IEC 60601-1:204 : Persyaratan Umum Keselamatan Dasar dan Kinerja Esensial dan Rapidly Manufactured CPAP Systems, Document CPAP 001, Specification, MHRA, 2020.

Ventilator Vent-I merupakan produk kerja sama antara Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), YPM Salman dan PTDI.

Vent-I memiliki fungsi utama yaitu Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) aman digunakan sebagai ventilator non-invasive untuk membantu pasien Covid-19.

Disamping Ventilator, PTDI juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada RSUD Majalaya dan RSUD Al Ichsan Kabupaten Bandung, RS Kharisma Cimareme Kota Cimahi dan RS Al Islam kita Bandung.

Bantuan tersebut berupa masker medis, Sarung tangan karet, Kacamata Medis dan Gown Coverall (Baju Pelindung Diri).

(Ida)

Berita Terkait